Sidang Kasus Hoaks

Dituntut Habib Bahar 5 Tahun Bui, Jaksa: Perbuatannya Meresahkan

Dony Ramadhan - detikJabar
Kamis, 28 Jul 2022 17:50 WIB
Sidang Habib Bahar.
Sidang Habib Bahar. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikjabar)
Bandung -

Habib Bahar bin Smith dituntut 5 tahun penjara dalam kasus penyebaran berita bohong saat ceramah di Bandung. Jaksa menganggap perbuatan Bahar meresahkan.

Hal itu disampaikan jaksa dalam surat tuntutannya yang dibacakan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung pada Kamis (28/7/2022). Sebelum membacakan tuntutan, hakim membacakan hal meringankan dan memberatkan.

"Hal yang memberatkan perbuatan terdakwa meresahkan," ucap JPU yang diketuai Suharja itu.


Selain itu, jaksa juga menilai selama proses persidangan Bahar tak menunjukkan sikap merasa bersalah. "Terdakwa tidak merasa bersalah (akan perbuatannya)," kata jaksa.

Sementara itu, jaksa juga mempertimbangkan hal yang meringankan. Adapun hal meringankan karena Bahar memiliki tanggungan keluarga.

"Terdakwa memiliki tanggungan keluarga," tutur jaksa.

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith dituntut 5 tahun penjara. Jaksa menilai Bahar terbukti melakukan penyebaran berita bohong saat ceramah di Bandung.

Tuntutan terhadap Bahar diucapkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (28/7/2022).

"Menuntut terdakwa HB Assayid Bahar bin Ali bin Smith dengan pidana penjara selama 5 tahun," ujar JPU.

(dir/ors)