Ulama Garut Tersinggung Ucapan Habib Bahar Saat Ceramah di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Selasa, 24 Mei 2022 21:15 WIB
Suasana sidang kasus hoaks Habib Bahar bin Smith.
Suasana sidang kasus hoaks Habib Bahar bin Smith. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Sejumlah ulama di Kabupaten Garut merasa tersinggung atas ucapan Habib Bahar bin Smith dalam ceramah di Bandung. Mereka bahkan menilai pernyataan Bahar tersebut mengandung provokasi.

Hal itu terungkap saat kuasa hukum Bahar Azis Yanuar menanyakan soal hal tersebut dalam sidang lanjutan kasus hoaks yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung pada Selasa (24/5/2022). Sedikitnya, ada empat orang ulama asal Garut yang diperiksa sebagai saksi.

Salah satu saksi yaitu KH Jujun Junaedi menyampaikan bila pernyataan Bahar terutama soal Habib Rizieq Shihab ditangkap gegara menyelenggarakan maulid nabi membuatnya tersinggung. Sebab, dalam ceramah tersebut Bahar sempat berbicara menyinggung ulama.


"Yang merasa tersinggung itu kaitan banyak habib, ulama dan kiai yang dipenjara karena maulidan. Itu saja," ucap Pimpinan Ponpes Al-Ghiniyyah tersebut.

Jujun mengatakan sepengetahuannya, Habib Rizieq Shihab ditangkap bukan karena Maulid Nabi. Menurutnya, Rizieq Shihab ditangkap lantaran melanggar protokol kesehatan (Prokes).

"Ditangkap melanggar prokes saja. Tahu dari berita, media sosial, sebagian suka mengikuti juga di medsos, YouTube tentang proses hukum habib Rizieq Shihab," tutur Jujun.

Hal serupa juga diungkapkan H Bunyamin. Pimpinan Ponpes Najaahan Garut tersebut juga sama tersinggung atas ceramah Bahar.

"Ya hampir sama," kata Bunyamin.

Azis Yanuar kuasa hukum Bahar mengungkapkan alasan menanyakan hal tersebut. Menurut dia, berdasarkan berita acara pemeriksaan (BAP), seluruh jawaban dari para saksi ini kompak.

"Kenapa saya tanya majelis, karena saya hitung persis kata perkata Pak Dadang, Pak Amin dan Pak Jujun sama persis pertanyaan dan jawaban. Sama persis titik dan koma," kata Azis.

Sementara itu, saksi KH Dadang Ridwan menuturkan pernyataan Bahar tersebut menimbulkan kontroversi. Bahkan pimpinan Ponpes Al Taqwa Darussalam itu menyebut ucapan Bahar dianggap menghasut.

"Dalam ceramah seolah dibikin jemaah dibikin kebencian ke penegak hukum yang mana habib Rizieq Shihab ditangkap karena menyelenggarakan muludan. Itu yang saya tangkap ya," kata Dadang.

"Hasil provokasi apa?," tanya Azis.

"Banyak yang benci. Ada yang benci seolah olah mereka berbuat ketidakadilan," kata Dadang menjawab.



Simak Video "Heboh Habib Bahar Berendam di dalam Jacuzzi, Pengacara Buka Suara"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/tey)