Pengakuan Kiai Garut Soal BAP di Sidang Kasus Hoaks Habib Bahar

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Selasa, 24 Mei 2022 19:45 WIB
Suasana sidang kasus hoaks Habib Bahar bin Smith.
Suasana sidang kasus hoaks Habib Bahar bin Smith. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan enam saksi yang merupakan kiai asal Garut dalam lanjutan sidang kasus hoaks habib Bahar bin Smith. Dalam persidangan, Bahar berdebat soal hukum dengan kiai.

Debat hukum itu berlangsung saat Bahar menanyakan beberapa pasal kepada saksi bernama Amin Muhyididin pimpinan Ponpes Assaadah Garut. Dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung itu, Bahar tiba-tiba menanyakan soal hukum.

"Kiai ngerti hukum?," ujar Bahar.


"Tidak," jawab Amin.

Pertanyaan itu ternyata diungkapkan Bahar berkaitan dengan berita acara pemeriksaan (BAP) Amin saat diperiksa polisi. Dalam BAP, kata Bahar, Amin menyebut bila Bahar bisa dikenai pasal.

"Dalam BAP tertulis bahwa Bahar Smith bisa dikenai Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana Jo Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 15 UU nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana Jo Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45A UU ITE Jo Pasal 55 KUHP. Itu tau dari mana?," kata Bahar bertanya.

Amin lalu menjawab bila apa yang disampaikannya itu sesuai substansi dari perkara. Menurutnya, ucapan yang dilontarkan Bahar dalam ceramah di Bandung menimbulkan keresahan.

"Ya substansinya seperti itu, saya bilang ini mengandung kebohongan dan berpotensi menimbulkan keresahan," kata Amin menjawab.

Bahar yang merasa curiga lantaran Amin tak mengerti hukum namun mampu menyimpulkan pasal kembali menanyakan. Dia menanyakan dari mana Amin mampu mengetahui detail akan pasal yang menjeratnya.

"Iya ditulis polisi pasalnya," kata Amin.

Sementara di sela-sela persidangan, Ichsan Tuankotta menyoroti pengakuan dari saksi tersebut. Dia menyatakan bahwa pasal dalam BAP bukan pernyataan melainkan ditulis oleh penyidik.

"Tetapi yang menarik, ketika ditanya oleh Habib Bahar bin Smith, yang berkaitan dengan BAP, diakui juga memang pemeriksaan BAP itu banyak hal-hal yang dimasukkan oleh penyidik," ujar Ichwan.

"Karena memang Kiai ini orang awam, enggak ngerti hukum. Faktanya memang seperti itu, memang mereka tidak paham," kata dia menambahkan.



Simak Video "Heboh Habib Bahar Berendam di dalam Jacuzzi, Pengacara Buka Suara"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/tya)