Jejak OC Kaligis di Sukamiskin: Kontroversi Aneka Gadget-Bikin Buku 'KPK'

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Sabtu, 19 Mar 2022 19:00 WIB
PN Jaksel mengadakan mediasi atas gugatan perdata OC Kaligis terhadap Kejagung yang menyeret nama Novel Baswedan. Hasilnya, mediasi tersebut deadlock atau gagal.
OC Kaligis (Foto: Grandyos Zafna/detikJabar).
Bandung -

Pengacara senior OC Kaligis saat ini telah keluar dari Lapas Sukamiskin usai mendapatkan program cuti menjelang bebas. Aneka jejak OC Kaligis di Lapas Sukamiskin pun tercatat mulai dari membuat buku hingga kontroversi aneka gadget di selnya.

Kontroversi Aneka Gadget

Pengacara bernama lengkap Otto Cornelis Kaligis itu sempat menimbulkan kontroversi di dalam lapas. Itu karena ditemukan aneka gadget di dalam sel-nya.

Ragam gadget seperti komputer tablet, laptop, TV dan printer itu ditemukan saat presenter Najwa Shihab melakukan sidak bersama Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) saat itu Sri Puguh Budi Utami pada Minggu (22/7/2018) malam lalu.


Saat itu, sidak dilakukan menyusul insiden heboh suap yang dilakukan oleh eks Kalapas Wahid Husen. Saat sidak itu, petugas menemukan aneka gadget dari sel ayah artis Velove Vexia tersebut.

Sempat terjadi ketegangan antara petugas dan OC Kaligis saat gadget-gadget tersebut akan disita. Kaligis beralasan semua alat tersebut digunakan untuk pekerjaan kantornya.

"Kalau ndak pakai itu, saya mau nulis di mana?" kata Kaligis kepada petugas.

Petugas akhirnya menyita semua barang tersebut dari sel Kaligis. Selain gadget, sel Kaligis cukup mewah. Terlihat kamar mandi dilengkapi kloset duduk dan jet shower.

Bikin 10 Buku di Balik Jeruji Besi

Pengakuan OC Kaligis soal gadget untuk menulis memang terbukti. Terpidana kasus suap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan itu memang menghasilkan buku.

Hal ini sebagaimana klaim OC Kaligis saat menghadiri PN Jaksel November 2019 silam. Kedatangan OC Kaligis untuk mengurus gugatannya.

Sebelum bicara soal buku, OC Kaligis bicara soal pengalamannya hidup di balik bui. Advokat senior itu rupanya merasa kehidupan di balik penjara Sukamiskin tidak seburuk yang orang kira.

"Saya sudah ke penjara di seluruh dunia. Harkat dan martabat manusia di Sukamiskin cukup diperhatikan," kata OC Kaligis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019).

Dia mencontohkan 10 buku yang telah ditulisnya dari balik jeruji sebagai bukti kehidupan sebagai terpidana tidak menghalangi produktivitasnya.

"Saya bisa nulis kan karena saya penulis, sudah 10 buku saya bikin," kata OC Kaligis.

Bikin Buku 'KPK Bukan Malaikat'

OC Kaligis lantas mengeluarkan bukunya berkaitan dengan KPK. Buku berjudul 'KPK Bukan Malaikat' itu diluncurkan OC Kaligis di Lapas Sukamiskin pada Sabtu (7/12/2019). Kegiatannya diisi juga dengan bedah buku karangan OC Kaligis.

Lewat buku karyanya itu, OC Kaligis ingin menggambarkan bahwa KPK bukanlah lembaga yang sempurna. Berbagai masalah juga turut mengiringi perjalanan dari lembaga antirasuah tersebut.

"Karena selama ini ketika kita kritik KPK, kita dinilai melemahkan," ucap OC Kaligis.

(dir/mso)