Sandiaga Ajak Grup Musik Tradisional Karinding Tampil di ADWI 2022

Dea Duta Aulia - detikJabar
Kamis, 22 Sep 2022 21:09 WIB
Sahabat Ganjar
Foto: Istimewa
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Desa Wisata Situs Gunung Padang, Cianjur, hari ini. Dalam kunjungan tersebut, ia mengajak grup musik Karinding untuk tampil di Jakarta.

"Saya melihat musik Karinding ini adalah salah satu daya tarik tambahan yang bisa menghadirkan wisatawan serta dapat melestarikan budaya dan mempromosikan mereka ke Jakarta dalam ADWI 2022," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Kamis (20/9/2022).

Tak hanya menghasilkan suara yang enak untuk didengar, Sandiaga yakin alat musik tersebut bisa membuat peluang lapangan kerja baru. Serta berdampak positif terhadap kebangkitan ekonomi wilayah tersebut.


"Musik Karinding ini dapat membuka lapangan kerja dengan banyak grup-grup seperti ini dan akhirnya pendapat masyarakat lebih meningkatkan serta memiliki dampak positif terhadap tantangan ekonomi saat ini," jelasnya.

Sementara itu, seorang ketua alat musik Karinding Ahmad Saepudin (33) mengatakan seluruh anggota sudah menyiapkan sejumlah lagu untuk tampil di Jakarta. Bahkan, seluruh anggota percaya diri dan siap berkolaborasi dengan para artis nasional di pentas Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

"Alhamdulillah sangat senang sekali kami akan mempersiapkan lebih banyak lagu, serta ini pastinya berkolaborasi dengan artis nasional," tutup Ahmad.

(akn/ega)