Kabupaten Ciamis

Tradisi Nyuguh, Cara Warga Kampung Kuta Lestarikan Warisan Leluhur

Dadang Hermansyah - detikJabar
Jumat, 23 Sep 2022 02:30 WIB
Tradisi nyuguhan Kampung Kuta Ciamis
Tradisi nyuguhan Kampung Kuta Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar)
Ciamis -

Warga Kampung Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali menggelar Tradisi Nyuguh. Setelah 2 tahun dilaksanakan sederhana, tahun 2022 ini Nyuguh diawali dengan Gelar Budaya dan Pameran yang sangat meriah.

Gelar budaya tersebut laksanakan di area persawahan Kampung Kuta, Kamis (22/9/2022). Dibuka oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra. Dihadiri oleh unsur Pejabat Pemkab Ciamis hingga Kemendikbud, Ristek dan Teknologi.

Tradisi Nyuguh dilaksanakan pada akhir bulan Safar menjelang bulan Rabiul Awal, setiap setahun sekali. Nyuguh sudah menjadi warisan leluhur secara turun temurun.


Tujuannya Nyuguh sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta. Dalam setahun ini telah diberikan rezeki yang telah dilimpahkan dari hasil bumi.

Dalam Gelar Budaya Nyuguh berbagai kesenian tradisional ditampilkan, seperti Gondang Buhun, ronggeng dan kesenian lainnya.

Prosesi Nyuguh dimulai dari Alun-alun Kampung Kuta. Warga kemudian membawa bekal dan mengarak dongdang berisi aneka makanan khas seperti ketupat dan hasil bumi seperti umbi-umbian.

Arak-arakan juga diiringi dengan Rengkong dan Seni Dog-dog ke tempat di ujung Kampung Kuta dekat Sungai Cijolang. Di lokasi tersebut warga kemudian doa bersama memanjatkan rasa syukur. Lalu diakhiri dengan makan bersama di pinggir sungai.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan Tradisi Nyuguh ini berpotensi menjadi sebuah destinasi wisata unggulan di Kabupaten Ciamis. Ke depan pengemasan Nyuguh ini harus lebih menarik dari sekarang.

"Alhamdulilah Nyuguh sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Asli Ciamis. Besar harapan kami Gelar Budaya Nyuguh ini dikemas sedemikan rupa bisa menjadi destinasi wisata Ciamis," ungkap Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Ciamis Erwan Darmawan mengatakan Tradisi Nyuguh dilaksanakan setahun sekali. Melalui tradisi ini menjadi cermin keramahan warga Kampung Adat Kuta dan warga Ciamis umumnya.

Menurut Erwan, Nyuguh berarti memberikan suguhan. Dimana warga Kampung Kuta memberikan persembahan kepada tamu yang hadir.

"Sebagai bentuk rasa syukur. Melalui Nyuguh membuktikan bahwa warga Kampung Kuta santun terhadap tamu, alam dan sang pencipta. Semua terpadu dalam Tradisi Nyuguh," pungkasnya.



Simak Video "Pesan RM BTS ke Yayasan Warisan Budaya Korea Usai Donasikan Rp 1,06 M"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)