Mengenang Pencetus Kata Proklamasi Iwa Koesoemasoemantri Lewat Film

Mengenang Pencetus Kata Proklamasi Iwa Koesoemasoemantri Lewat Film

Dadang Hermansyah - detikJabar
Jumat, 19 Agu 2022 04:00 WIB
Poster pemutaran film Iwa Koesoemasoemantri, tokoh politisi asal Ciamis yang mencetuskan kata proklamasi
Poster pemutaran film (Foto: istimewa)
Ciamis -

Tak banyak yang tahu ada seorang Pahlawan Nasional yang lahir di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pahlawan itu adalah Mr Iwa Koesoemasoemantri, seorang tokoh politisi nasional sebagai pencetus kata Proklamasi.

Dalam rangka peringatan HUT ke 77 Republik Indonesia, Darma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pariwisata membuat film pendek tentang Iwa Koesoemasoemantri. Film tersebut ditayangkan di kanal YouTube BP2D Ciamis.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia, Iwa Koesoemasoemantri (Kusumasumantri) merupakan tokoh politisi nasional. Ia juga dikenal sebagai pejuang hak-hak buruh. Iwa pun pernah menduduki jabatan sebagai menteri pada masa kepemimpinan Soekarno. Iwa lahir di Kabupaten Ciamis, pada tanggal 31 Mei 1899.


Menjelang proklamasi kemerdekaan, Iwa terpilih sebagai anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Iwa pun aktif memberikan kontribusi dalam pembahasan rancangan Undang-Undang Dasar dan teks Proklamasi. Tidak berhenti disitu, Iwa merupakan orang yang mengusulkan mengubah kata maklumat menjadi Proklamasi.

"Dalam rangka agustusan launching film pendek mengngkat tema sang pengusul nama Proklamasi Mr iwa Kusumasomantri. Tidak banyak yang tahu bahwa istilah kata proklamasi diusulkan oleh orang Ciamis. Semula Bung Karno menggunakan kata maklumat. Kemudian diusulkan agar diganti menjadi proklamasi," ujar Budi Kurnia, Kamis (18/8/2022).

Diketahui kata Proklamasi berasal dari kata "Proclamatio" (Bahasa Yunani) artinya pengumuman kepada seluruh rakyat. Jadi, Proklamasi Kemerdekaan adalah pengumumam kepada seluruh rakyat akan adanya kemerdekaan.

Sementara itu, Ketua DWP Pariwisata Ciamis Elis Lismayanti Budi mengatakan film pendek tersebut dibuat dalam 1 minggu. Tujuannya agar warga Ciamis tahu bahwa ada Pahlawan Nasional dari Tatar Galuh.

"Pahlawan tidak semua identik dengan perang. Banyak warga Ciamis tidak tahu bahwa ada pahlawan di Ciamis Mr Iwa Kusumasumantri. Memang karirnya di Bandung dan Jakarta. Beberapa sumber menyebut Iwa lahir di Ciamis," ujarnya.

Film berdurasi 18 menit itu menjelaskan sosok Mr Iwa Kusumasumantri yang lahir di Ciamis lalu berkiprah di nasional. Bahkan nama Iwa Kusumasumantri pun diabadikan di salah satu jalan di Ciamis yakni dari Pasar hingga komplek Islamic Center.

"Tentunya kita sebagai warga Ciamis harus bangga, sekaligus memotivasi bagi para generasi penerus untuk bisa berkiprah demi pembangunan daerah dan Indonesia dalam mengisi kemerdekaan," katanya.

(yum/yum)