Anggunnya Kapolres Subang Dibalut Kebaya Jumputan

Dwiky Maulana Vellayati - detikJabar
Selasa, 16 Agu 2022 18:04 WIB
Kapolres Subang AKBP Sumarni saat tampil di Jawara Fashion Street Subang, Senin (15/8/2022) kemarin sore.
Kapolres Subang AKBP Sumarni saat tampil di Jawara Fashion Street Subang, Senin (15/8/2022) kemarin sore. (Foto: istimewa/Polres Subang)
Subang -

Momen menarik dan jarang terjadi terlihat pada acara Jawara Fashion Street yang digelar di halaman Kantor Bupati Subang, Senin (15/8/2022) kemarin sore. Kapolres Subang AKBP Sumarni yang biasanya terlihat gagah dengan baju dinas kepolisiannya kali ini terlihat anggun.

Lenggak lenggok Sumarni pun terlihat saat akan berjalan di atas karpet merah sambil memperlihatkan pakaian batik yang ia pakai di hadapan para penonton.

Pada kesempatan itu, Sumarni memakai batik jumputan berwarna biru dengan motif bunga-bunga. Batik ini merupakan buah hasil dari kaum milenial yang berada di Kabupaten Subang yang dibina langsung olehnya.


"Saya di acara Jawara Fashion Week memakai batik jumputan ini. Tentunya kami bangga bisa memperkenalkan produk-produk kaum milenial hasil binaan dari Polres Subang," ujar Sumarni saat diwawancarai detikJabar, Selasa (16/8/2022).

Dilatarbelakangi oleh acara yang pada sebelumnya viral tak lain Citayam Fashion Week menjadi sebuah alasan Sumarni untuk turut memeriahkan pada acara Jawara Fashion Street tersebut.

"Saya sering menonton Fashion Week yang ada di Jakarta kemarin, jadi kemarin itu hanya ikut memeriahkan saja. Di samping itu tentunya kita lebih mengutamakan dari pakaiannya itu brand lokal," katanya.

Dari pakaian batik asli Subang hasil binaannya itu, kata Sumarni tentunya harus dibarengi dengan promosi yang kuat. Maka dari itu, dalam acara Jawara Fashion Week ia pun berkesempatan menampilkan batik tersebut.

Menurut Sumarni, batik jumputan hasil binaannya itu juga sudah pernah ia tampilkan belum lama ini di pameran Jakarta Convention Center (JCC).

"Kami kenalkan juga untuk masyarakat luas, kemarin kami tampilkan di pameran JCC dari tanggal 10 sampai 14 Agustus dalam kegiatan pameran kreasi UMKM Bhayangkari," ucapnya.

Sementara itu, dengan hadirnya acara Jawara Fashion Week di Kabupaten Subang, Sumarni memberikan pesan kepada kaum milenial khususnya untuk terus berkarya dan terus menonjolkan dari kearifan lokal.

"Saya berpesan kepada masyarakat khususnya warga Kabupaten Subang ayo terus berkarya dan tentunya juga membeli barang-barang lokal. Karena barang-barang lokal tidak kalah bagusnya dengan produk-produk lain," katanya.

Dapat diketahui, pada acara Jawara Fashion Week di Subang tersebut seluruh peserta diisi dengan para Forkopimda Subang serta Organinasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Subang. Uniknya, seluruh peserta menggunakan batik asli hasil yang dikembangkan oleh UMKM yang berada di Subang.

(yum/yum)