Januari hingga November 2022, Layanan Kargo di BIJB Capai 6 Ribu Ton

Januari hingga November 2022, Layanan Kargo di BIJB Capai 6 Ribu Ton

Sudirman Wamad - detikJabar
Jumat, 02 Des 2022 02:31 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati jadi bengkel pesawat.
Bandara Internasional Jawa Barat (Foto: Erick Disy Darmawan/detikJabar).
Bandung -

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati terus berupaya agar bisa beroperasi di tengah gempuran badai pandemi COVID-19. BIJB Kertajati saat ini melayani penerbangan kargo.

Dirut PT BIJB Kertajati Muhammad Singgih mengatakan BIJB Kertajati telah melayani penerbangan sebanyak enam ribu ton sepanjang 2022. Singgih pun menargetkan tahun depan okupansi kargo terus meningkat.

"Hingga bulan November kita melayani enam ribu ton," kata Singgih saat berbincang dengan detikJabar di Trans Studio Bandung, Kamis (1/12/2022).

Lebih lanjut, Singgih menjelaskan hingga saat ini baru ada dua maskapai yang melayani kargo, yakni Asia Cargo dan Trigana Air. Ia berharap trafik penerbangan kargo di BIJB Kertajati terus meningkat.

"Kita harapkan ada pemain lain yang masuk untuk melayani kargo. Target tahun depan okupansi bisa meningkat," ucap Singgih.

Singgih menargetkan penerbangan kargo bisa naik tiga kali lipat dibandingkan tahun ini. Ia mengatakan saat ini BIJB Kertajati masih melayani sekitar enamribuan ton per hari.

"Kalau sekarang enam ribu ton, tahun depan bisa sampai 20 ribuan ton," kata Singgih.

Selain kargo, mulai November 202a, BIJB Kertajati juga telah melayani penerbangan umrah. BIJB Kertajati saat ini tengah menjalani verifikasi dari otoritas penerbangan Arab Saudi untuk melayani haji.

Singgih menyebut Kemenag sudah mengaminan agar BIJB Kertajati bisa melayani penerbangan haji. Otoritas penerbangan Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA)juga tengah memverifikasi BIJB Kertajati.

"Kalau perizinan untuk haji sudah oke semua. Karena waktunya enam bulan lagi, masih akan ada verifikasi lagi dari GACA," ucap Singgih.

(sud/mso)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT