Harga Cabai Merah Cs di Bandung Mulai Turun ya Bun

Harga Cabai Merah Cs di Bandung Mulai Turun ya Bun

Sudirman Wamad - detikJabar
Selasa, 27 Sep 2022 16:44 WIB
Suasana di Pasar Kosambi Kota Bandung.
Ilustrasi. (Foto: Wisma Putra/detikJabar)
Bandung -

Harga cabai di sejumlah pasar di Kota Bandung mulai turun. Sebelumnya, harga cabai rawit merah sempat menyentuh di atas Rp 70 ribu lebih per kilogramnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustiran (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan hasil survei di enam pasar tradisional menyebutkan harga komoditas cabai, baik rawit merah, merah keriting dan tanjung alami penurunan.

Elly mengatakan pada 22 September lalu harga cabai rawit merah Rp 73 ribuan. Saat ini mulai mendekati Rp 60 ribuan per kilogramnya.

"Cabai rawit merah sekarang Rp 62.500 per kilogramnya, harga cabai merah keriting Rp 57.500 per kilogramnya, dan merah tanjung Rp 56.667 per kilogramnya. Jadi, tidak ada kenaikan ya. Malah turun," kata Elly di Balai Kota Bandung, Selasa (27/9/2022).

Elly mengatakan, pekan lalu harga cabai merah tanjung menyentuh Rp 67.500 per kilogramnya. Kemudian, cabai merah keriting Rp 68.750 per kilogramnya. Artinya, ada penurunan harga hampir Rp 10 ribu per kilogramnya.

"Jadi aman, rata-rata beberapa komoditas juga tidak mengalami kenaikan," katanya.

Kendati demikian, Elly tak menampik adanya perbedaan harga antara di pasar tradisional dan ritel. Harga cabai yang dijual di ritel-ritel, menurut Elly, kadang lebih tinggi dibandingkan di pasar tradisional.

"Kadang ada juga yang murah. Jadi ada plus minusnya. Tapi yang jelas, harga mulai turun minggu ini," katanya.


(sud/orb)