Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Dibuka Akhir Oktober, Tarif Masih Gratis

Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Dibuka Akhir Oktober, Tarif Masih Gratis

Nur Azis - detikJabar
Senin, 19 Sep 2022 01:30 WIB
Tol Cisumdawu.
Tol Cisumdawu (Foto: Istimewa).
Sumedang -

Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) akan dioperasikan pada akhir Oktober mendatang. Tol tersebut akan dibuka hingga seksi 3 atau gerbang exit tol Cimalaka Sumedang.

Dalam pengoperasian awal nanti, khusus jalur seksi 2 dan seksi 3 tol tersebut belum akan diberlakukan tarif tol alias gratis. Hal itu diungkapkan oleh Asisten Pengawasan Satuan Kerja (Satker) tol Cisumdawu, Fachrie saat dihubungi detikJabar, Sabtu (17/9/2022).

"Untuk Tol Cisumdawu sampai seksi 3 Insya Allah akan difungsionalkan pada akhir Oktober tahun ini, jadi difungsionalkan ya, jadi belum ditarif, kalau pentarifan meski ke BPJT ya, ini sebagai hadiahlah bagi Pemkab Sumedang," ungkapnya.


Fachrie memaparkan progres tol Cisumdawu hingga seksi 3 sendiri saat ini hanya tinggal pengerjaan mainroad dan pengerjaan di kawasan Mulyasari atau di seksi 2 yang dulu sempat longsor.

"Kalau di Mulyasari Sudah sekitar 90 persen dan kalau secara keseluruhan untuk di seksi 2 itu dari gerbang Tol Pamulihan sampai Gerbang Tol Kota Sumedang itu sudah 93,18 persen, kalau seksi 3 dari Kota Sumedang sampai Cimalaka itu sudah 100 persen," paparnya.

Fachrie melanjutkan pihaknya belum mengetahui berapa lama terkait kebijakan pengratisan Tol Cisumdawu seksi 2 dan seksi 3 tersebut.

"Kalau kapan tarif tol akan diberlakukan itu bagaimana pihak CKJT (PT Citra Karya Jabar Tol) dan pihak BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol), jadi nantinya CKJT akan mengusulkan soal pentarifan itu kepada BPJT," terangnya.

Ia berharap rencana soal fungsional jalan tol Cisumdawu tersebut dapat berjalan sebagaimana rencana.

"Seksi 1 kan sudah beroperasi dan sudah diberlakukan pentarifan dari Cileunyi sampai Pamulihan, sekarang tinggal seksi 2 dan seksi 3, semoga berjalan lancar," ujarnya.

Sekadar diketahui, pembangunan jalan tol Cisumdawu dibagi ke dalam 6 seksi, yakni seksi I (Cileunyi-Tanjungsari sepanjang 12.0 km), Seksi II (Tanjungsari-Sumedang sepanjang 17.51 km), seksi III (Sumedang-Cimalaka sepanjang 3,73 km), seksi IV (Cimalaka-Legok sepanjang 6,96 km), seksi V (Legok-Ujungjaya 16,35 km) dan seksi VI (Ujungjaya-Kertajati 4.0 km).

(mso/mso)