Sumedang Gandeng Microsoft Genjot Pendidikan & Pemerintahan Digital

Sumedang Gandeng Microsoft Genjot Pendidikan & Pemerintahan Digital

Nur Aziz - detikJabar
Selasa, 06 Sep 2022 17:25 WIB
Pemprov Sumedang
Foto: dok. Pemprov Sumedang
Sumedang -

Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang mempercepat proses transformasi digital dengan menggandeng Microsoft Indonesia di bidang pendidikan digital dan pemerintahan digital. Kolaborasi ini, merupakan bagian dari inisiatif Living Lab Kabupaten Sumedang.

Kerja sama diawali dengan pemberian lisensi Microsoft Office 365 kepada guru dan siswa di sekolah pendidikan dasar serta menengah yang merupakan bagian dari Sekolah Penggerak Sumedang.

Seremoni serah terima simbolis lisensi Office 365 tersebut dilakukan antara Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir dengan Bupati Kabupaten Sumedang Dony Ahmad Munir di Command Center Sumedang.


Dony Ahmad Munir mengatakan, kolaborasi Pemkab Sumedang dan Microsoft ini memungkinkan untuk saling belajar dan menerapkan praktik digitalisasi pemerintahan serta pendidikan melalui pemanfaatan teknologi Microsoft yang aman dan terpercaya.

"Melalui kolaborasi ini, variasi program Living Lab Kabupaten Sumedang akan semakin kuat. Kami berharap apa yang kami lakukan di Living Lab menjadi inspirasi dan direplika kabupaten/kota lain di Indonesia, terkait penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," ujarnya Selasa (6/9/2022).

Sementara itu, dari sisi Pemerintah Digital, Pemda Sumedang akan menjajaki penggunaan Office 365 bagi Aparatur Sipil Negara Sumedang untuk optimasi kerja kolaborasi modern di era hybrid saat ini, serta pengimplementasian teknologi Power BI untuk Sumedang Command Center yang dapat mendukung proses analisis serta visualisasi data Kabupaten Sumedang dalam dashboard yang lebih sederhana.

Kolaborasi ini pun sejalan dengan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024 yang menggarisbawahi empat komponen utama dalam akselerasi transformasi digital Indonesia: infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, serta masyarakat digital, di mana kolaborasi yang terjalin menitikberatkan pada pemerintahan digital dan masyarakat digital.

Dharma Simorangkir menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan, arahan, dan transformasi luar biasa yang telah Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang lakukan.

Melalui kolaborasi ini, kata dia, pihaknya berharap dapat mendukung arah digitalisasi di Kabupaten Sumedang, mempercepat transformasi digital instrumen kemasyarakatan lainnya, dan mendukung pencapaian visi Indonesia Digital melalui solusi teknologi Microsoft yang aman.

"Kolaborasi ini tentunya adalah awal bagi semakin banyak kolaborasi lain di kemudian hari untuk bersama -sama, kita berdayakan ekonomi digital Indonesia," ujarnya.

Dikatakan Dharma, selain sisi teknologi, Pemda Sumedang dan Microsoft juga akan berkolaborasi dari sisi keterampilan melalui penyelenggaraan serangkaian pelatihan bagi guru dan siswa Sekolah Penggerak Sumedang yang ditunjuk, serta para ASN Kabupaten Sumedang.

Bagi guru dan siswa, kata dia, mereka akan mendapatkan akses materi pembelajaran Microsoft yang meliputi modern skill: komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas; literasi digital; block based visual programming; serta produktivitas.

"Microsoft juga akan memberikan dukungan teknis dan keterampilan, baik itu melalui proses deployment Office 365 di masing-masing sekolah, pelatihan online penggunaan Office 365 bagi Guru Penggerak, serta dukungan kepada para Guru Penggerak untuk bergabung di Microsoft Educators Community-sebuah wadah yang memungkinkan para guru untuk berbagai pengalaman mengajar digital dengan guru-guru lain yang ada di Indonesia maupun berbagai negara lainnya,"jelasnya.

Sementara itu bagi ASN, mereka juga akan mendapatkan pelatihan teknologi dari Microsoft, khususnya penggunaan Office 365, agar dapat memaksimalkan penggunaan teknologi dalam kegiatan kerja.

Pemerintah Kabupaten Sumedang sendiri sebelumnya telah berhasil mendapat predikat sangat baik untuk nilai indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan indeks 3,81, dan menempati urutan pertama dari kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Kolaborasi ini kian memperkuat kemajuan Kabupaten Sumedang dari sisi SPBE.



Simak Video "Tak Hanya Online, OVO Juga Hadirkan 8 Juta Titik Top Up Saldo Offline"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)