Kang Emil Dorong Usaha Bendera Warga Garut Mendunia

Kang Emil Dorong Usaha Bendera Warga Garut Mendunia

Hakim Ghani - detikJabar
Senin, 22 Agu 2022 15:56 WIB
Peresmian Tugu Bendera Merah Putih di Garut.
Peresmian Tugu Bendera Merah Putih di Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikJabar)
Garut -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan monumen pengrajin bendera merah putih asli Garut, Senin (22/8/2022). Monumen itu jadi tanda eksistensi para perajin bendera asal Garut yang karyanya diakui se-Indonesia.

Monumen pengrajin bendera merah putih asli Garut itu dibuat di sudut Utara Alun-alun Leles, Kabupaten Garut. Leles sendiri merupakan sebuah kecamatan yang banyak warganya memproduksi bendera merah putih sedari dulu.

"Sebuah kebanggaan Kabupaten Garut, Jawa Barat sebagai penghasil kerajinan, UMKM bendera merah putih yang sudah menusantara. Kita hormati dan kita muliakan dengan monumen ini," kata Kang Emil.


Ada ribuan warga Leles yang menjadi pelaku usaha pembuatan bendera merah putih, baik sebagai pemodal, perajin dan penjual. Sebab itu, tiap kali menjelang 17 Agustusan, penjual bendera asal Garut marak ditemukan di berbagai kota.

Kang Emil mengatakan, pemerintah mendorong UMKM, termasuk para perajin bendera merah putih asal Garut untuk kembali meroket setelah pandemi COVID-19.

Bahkan, kata Kang Emil, dirinya akan mendorong usaha pembuatan bendera merah putih warga Garut bisa mendunia.

"Kalau mau saya dorong agar bisa memproduksi bendera di dunia. Jadi tidak hanya menaklukkan Nusantara, tapi dunia," katanya

Hadirnya monumen pengrajin bendera merah putih asli Garut ini menambah kekayaan Garut akan perkampungan warga yang disebut Kang Emil sebagai pelaku usaha spesialis.

"Ada kampung domba Garut, ada kampung cukur, ada juga kampung pengrajin bendera merah putih. Mudah-mudahan membangkitkan ekonomi Garut, Jawa Barat," pungkas Kang Emil.

(orb/orb)