Kota Sukabumi

Atlas! Aplikasi Bagi UMKM Penyintas Bencana Alam

Siti Fatimah - detikJabar
Sabtu, 06 Agu 2022 09:04 WIB
Aplikasi UMKM bagi penyintas bencana alam
Aplikasi UMKM bagi penyintas bencana alam (Foto: Siti Fatimah/detikJabar)
Sukabumi -

Ketahanan ekonomi menjadi salah satu dampak yang dirasakan bagi korban bencana alam. Seringkali, akibat bencana masyarakat kehilangan mata pencahariannya.

Oleh sebab itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat didukung oleh Palang Merah Amerika (Amcross) mengembangkan aplikasi Atlas Ready For Business. Aplikasi tersebut memberikan kemudahan bagi UMKM atau warga yang berwirausaha untuk membangun dan menjaga mata pencaharian pada pra bencana, tanggap darurat dan paska bencana.

Kasubdiv Tanggap Darurat dan Pemulihan PMI Pusat, Ridwan S. Carman mengatakan, PMI berencana mengenalkan Aplikasi ATLAS ini kepada pelaku usaha kecil dengan melibatkan mereka dalam sejumlah kegiatan. Nantinya, pelaku usaha kecil dapat menggunakan ATLAS dan membuat rencana bisnis mereka secara mandiri.


Ridwan menggambarkan, usaha kecil dan menengah memainkan peranan penting di komunitas mereka dan di sektor swasta yang lebih luas karena banyak yang berkontribusi pada rantai pasokan. Mereka juga memiliki peran besar dalam menciptakan lapangan kerja lokal.

"Oleh karenanya penting bagi usaha kecil untuk bersiap dan memiliki strategi. Sehingga mereka dan ekonomi lokal mereka dapat pulih lebih cepat setelah terdampak bencana," kata Ridwan di Kota Sukabumi, Sabtu (6/8/2022).

Dia menjelaskan, pengguna aplikasi Atlas akan dibantu dan dipandu untuk membuat dan menyesuaikan rencana bisnis selangkah demi selangkah. Di dalamnya termasuk sesi obrolan dengan Atlas yang meminta pengguna untuk menilai tingkat kesiapan mereka, menguji kemajuan, dan memandu pengguna menuju ketahanan bisnis.

Kepala Kantor Delegasi Palang Merah Amerika (Amcross) untuk Indonesia Husnul Maad menambahkan, saat ini keberadaan Palang Merah Amerika (Amcross) di Indonesia berada dalam posisi yang strategis untuk meningkatkan kapasitas sebagai lembaga kemanusiaan.

"Melalui Aplikasi Atlas Ready For Business ini, kami mendorong ketahanan masyarakat terutama UMKM terhadap risiko dan dampak bencana melalui pendekatan inovatif dan solusi berkelanjutan," kata Husnul Maad.

Sekedar informasi, aplikasi tersebut kini masih dalam tahap pengembangan tim PMI dan Amcross. Nantinya, aplikasi tersebut dapat diunduh melalui android dan ios serta tidak dibatasi bidang usaha yang dilakoni UMKM.



Simak Video "Pesona Situ Mustika di Kota Banjar yang Indah dan Menyejukkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)