Wagub Jabar: Warga Desa Tak Perlu Repot Cari Kerja di Kota

Hakim Ghani - detikJabar
Senin, 28 Mar 2022 21:15 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Garut.
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikJabar)
Garut -

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menggelorakan semangat warga untuk berkarya dan bekerja di desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kini hadir dan siap mewadahinya.

Uu meresmikan program BUMDes sebagai langkah untuk memajukan perekonomian masyarakat di tingkat desa. Senin (28/3/2022) siang, Uu meninjau BUMDes di Desa Wanajaya, Garut.

Dalam kesempatan itu, Uu menyampaikan harapannya kepada masyarakat untuk tetap tinggal di desa dalam mencari penghasilan dan tak perlu repot untuk kerja di kota.


"Masyarakat tidak perlu repot untuk mencari kerja di kota. Karena di desa segala potensinya ada," kata Uu kepada wartawan, Senin siang.

Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, merupakan salah satu contoh desa yang sudah menerapkan sistem BUMDes yang berafiliasi ke perbankan.

Mereka bekerja sama dengan perusahaan dan lembaga macam Baznas, Bank Jabar Banten, Unilever hingga Bappenda. Sebagai wadah penyaluran produk dan pendanaan.

Selain itu, kata Uu, BUMDes juga kini diperkuat dengan digitalisasi yang memungkinkan produk mereka bisa dipasarkan hingga ke luar negeri.

"Kita dorong adanya BUMDes, UMKM di desa, desa wisata, itu tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Dengan hadirnya BUMDes sebagai wadah bagi masyarakat di desa, Uu berharap agar warganya tak melulu merantau ke kota dan mencari nafkah di kampung halaman.

Dengan segala potensi yang dimiliki, Uu meyakini masyarakat desa bisa sejahtera meskipun tak merantau ke kota.

"Masyarakat desa tetap di desa. Penghasilannya kota, bisnisnya mendunia," tutup Uu.



Simak Video "Wagub Jabar Prediksi Tak Ada Lonjakan Covid-19 Pasca Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(ors/bbn)