Rp 600 M Disiapkan untuk Perbaiki 360 Kilometer Jalan di Jabar

Rp 600 M Disiapkan untuk Perbaiki 360 Kilometer Jalan di Jabar

Rifat Alhamidi - detikJabar
Selasa, 24 Jan 2023 21:00 WIB
Jalan rusak di Sukabumi.
Ilustrasi jalan rusak. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikJabar)
Bandung -

Pemprov Jawa Barat menyiapkan anggaran Rp 600 miliar untuk perbaikan jalan dengan panjang sekitar 360 kilometer. Anggaran tersebut disiapkan untuk kebutuhan perbaikan jalan dengan status milik provinsi.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan, sebetulnya, dinasnya mendapat anggaran total senilai Rp 1,1 triliun untuk kebutuhan infrastruktur di tahun 2023. Namun khusus untuk keperluan perbaikan jalan dianggarkan senilai Rp 600 miliar.

"Secara kumulatif, kita mendapat anggaran itu Rp 1,1 triliun. Tapi itu dibagi untuk bina marga, tata ruang dan jasa konstruksi. Nah untuk jalan, itu yang kita terima sekitar Rp 600 miliar untuk kebutuhan 360 kilometer jalan milik provinsi," kata Bambang saat dihubungi, Selasa (24/1/2023).


Bambang menyatakan, perbaikan bakal dilakukan terhadap ruas jalan yang belum tertangani akibat imbas pandemi COVID-19. Ada empat kriteria prioritas yang pihaknya siapkan untuk kebutuhan perbaikan jalan di Jabar tersebut.

Di antaranya penanganan kondisi pemantapan jalan hingga ruas jalan yang dekat dengan pusat-pusat perkotaan di Jawa Barat. Kemudian ruas jalan yang dekat pusat sentra ekonomi dan pariwisata, serta ruas jalan untuk mendukung pertumbuhan pembangunan maupun ekonomi di Jabar.

"Anggaran itu untuk sekitar 360-an kilometer pemeliharaan jalan di Jawa Barat. Jadi 4 variabel ini yang memang kita prioritaskan untuk perbaikan jalan-jalan yang statusnya milik provinsi," ucapnya.

Bambang menargetkan, perbaikan jalan itu bisa dilaksanakan dalam waktu dekat pada tahun ini. "Mudah-mudahan secepatnya. Bukan hanya di wilayah yang dekat di perkotaan saja, termasuk wilayah lain salah satunya di Jabar Selatan yang memang untuk menunjang ekonomi sama pariwisata di sana," pungkasnya.

(ral/orb)