Menpan RB Dorong Jabar Inisiasi Mal Pelayanan Publik Digital

Menpan RB Dorong Jabar Inisiasi Mal Pelayanan Publik Digital

Whisnu Pradana - detikJabar
Senin, 28 Nov 2022 23:00 WIB
Menpan RB Azwar Anas saat berada di MPP Cimahi
Menpan RB Azwar Anas saat berada di MPP Cimahi (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)
Cimahi -

Warga Kota Cimahi kini bisa memanfaatkan keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk mengakses segala kebutuhan pelayanan dan perizinan di satu tempat.

Kota Cimahi sendiri baru memiliki dan meresmikan Mal Pelayanan Publik yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 41 miliar dari nilai pagu anggaran sekitar Rp 53 miliar.

Gedung tersebut memiliki empat lantai dan satu parkir basement. Di lantai satu dan dua akan dipergunakan untuk pelayanan terbaru dari beberapa instansi.


"MPP Cimahi ini luar biasa, kemewahan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Yang paling penting adalah pengintegrasian pelayanan menjadi lebih mudah, cepat, murah, dan transparan," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas usai meresmikan MPP Cimahi, Senin (28/11/2022).

MPP Cimahi yang ada di Jalan Aruman, Cimahi Utara bakal menjadi pusat pelayanan bagi masyarakat. Azwar meminta agar MPP terutama yang ada di Jawa Barat mulai terintegrasi dengan sistem digital.

"Secara bertahap, Jawa Barat bisa mulai menginisiasi pelayanan MPP digital. Jadi nanti misalnya kartu keluarga (KK) bisa dicetak mandiri, kalau diterapkan di seluruh kelurahan dan kecamatan akan sangat bagus," ucap Azwar.

"Jadi MPP ini ke depannya bisa mengintegrasilan pelayanan digital dan secara bertahap semua pelayanan terdigitalisasi," lanjutnya.

Azwar mengatakan saat ini di MPP Cimahi baru ada 139 gerai layanan yang bisa dimanfaatkan, mulai dari pajak, perizinan, hingga administrasi kependudukan (adminduk).

"Sekarang kan baru ada 139 layanan. Seperti di Sumedang misalnya sudah di atas 200, nah di sini mungkin bisa ditingkatkan lagi kedepannya," kata Azwar.

Ia memerintahkan jajaran lurah, camat, dan pemerintah kota untuk menggencarkan sosialisasi pelayanan di MPP pada masyarakat. Sebab keberadaan MPP juga bakal menunjang peningkatan potensi investasi.

"Saya kira ini bagus untuk masyarakat, MPP bisa mendorong perkembangan investasi yang signifikan. Konsultasi Bea Cukai dan BPOM ada di sini. Sehingga UMKM yang akan ekspor bisa semakin mudah jadi cukup mengurus di sini dan konsultasi di sini," tutur Azwar.



Simak Video "Profil Azwar Anas, Eks Bupati Banyuwangi yang Akan Jadi MenPAN-RB"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)