Twitter Siapkan Tiga Warna Centang Baru: Biru, Abu dan Emas

Kabar Internasional

Twitter Siapkan Tiga Warna Centang Baru: Biru, Abu dan Emas

Tim detikInet - detikJabar
Minggu, 27 Nov 2022 00:30 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Twitter (Foto: Reuters/Kacper Pempel)
Jakarta -

Twitter bakal memberikan tiga centang baru yang dikhususkan bagi kategori akun yang sudah terverifikasi. CEO Twitter Elon Musk juga telah mengumumkan peluncuran tiga centang baru tersebut.

Dilansir detikInet, tiga centang baru ini akan diluncurkan mulai Jumat (2/12) pekan depan. Dalam cuitannya, Musk mengatakan centang verifikasi akan hadir dalam tiga warna yaitu emas untuk perusahaan atau brand, abu-abu untuk pemerintah, dan biru untuk pengguna individu.

"Mohon maaf atas keterlambatannya, kami secara tentatif akan meluncurkan Verified pada Jumat pekan depan," kata Musk dalam cuitannya, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (26/11/2022).


"Centang emas untuk perusahaan, abu-abu untuk pemerintah, biru untuk individu (selebriti atau bukan) dan semua akun yang terverifikasi akan diautentikasi secara manual sebelum tanda centang diaktifkan. Menyakitkan, tapi perlu," sambungnya.

Selain itu, pelanggan Twitter Blue yang membayar USD 8 (Rp 125 ribuan) untuk mendapatkan centang biru juga akan dicek identitasnya secara manual untuk mencegah peniruan identitas.

Tapi setelah Twitter ditinggal ribuan karyawannya, sepertinya moderator yang tersisa akan kewalahan jika harus melakukan verifikasi secara manual.

Sebelum ada opsi centang biru berbayar, ikon centang biru hanya tersedia untuk akun politisi, public figure, jurnalis, atau orang penting lainnya yang akunnya sudah terverifikasi. Akun yang ingin mendapatkan centang biru juga harus memenuhi beberapa kriteria.

Dalam cuitan selanjutnya, Musk menjelaskan bahwa akun individu bisa memiliki logo kecil kedua jika mereka merupakan bagian dari organisasi tertentu. Organisasi itu juga harus memverifikasi bahwa pemilik akun itu merupakan individu yang mewakili mereka atau bekerja di organisasi tersebut.

Twitter sendiri belum lama ini menghentikan pendaftaran centang biru berbayar lewat Twitter Blue karena banyaknya akun palsu yang bermunculan. Belum diketahui apakah Twitter Blue akan diluncurkan bersama tiga centang baru ini pada pekan depan.


Artikel ini sudah tayang di detikInet, baca selengkapnya di sini



Simak Video "Elon Musk Kunci Akun Twitter Miliknya, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(bba/dir)