Rumahnya Ambruk Gegara Gempa Cianjur, Azka Bakal Diboyong ke KBB

Rumahnya Ambruk Gegara Gempa Cianjur, Azka Bakal Diboyong ke KBB

Whisnu Pradana - detikJabar
Kamis, 24 Nov 2022 20:14 WIB
Azka. bocah yang selamat usai tertimpa reruntuhan gempa Cianjur.
Azka. bocah yang selamat usai tertimpa reruntuhan gempa Cianjur (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar).
Cianjur -

Kondisi Azka, bocah berusia lima tahun korban gempa Cianjur yang berhasil selamat setelah terjebak di antara reruntuhan rumahnya selama tiga hari mulai membaik.

Azka ditemukan oleh tim pencari pada Rabu (23/11/2022) sekitar pukul 11.00 WIB di rumahnya, di Kampung Rawa Cina, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Azka kini dalam perawatan intensif tim dokter RSUD Sayang, Cianjur.

Miftahudin (29), paman Azka mengatakan ia bakal memboyong keponakannya itu ke kampung halaman ayah Azka di Cibinong, Desa Sarinagen, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.


"Rencananya mau dibawa ke Cipongkor saja, ke kampung halaman ayahnya Azka," ujar Miftahudin saat ditemui di RSUD Sayang, Cianjur, Kamis (24/11/2022).

Hal itu karena rumah Azka dan keluarganya rata dengan tanah usai diguncang gempa M 5,6. Tak cuma Azka saja yang pindah, namun diikuti ayah, kakek, dan sepupu Azka.

"Kalau dari keluarga saya yang meninggal itu nenek sama mamanya Azka. Jadi nanti ayahnya Azka, kakek, sama sepupu ikut ke sana. Kalau kakaknya Azka sudah duluan di Cipongkor," tutur Miftahudin.

Namun sampai saat ini, Azka belum mengetahui kalau ibu dan neneknya meninggal dalam bencana tersebut. Setiap bertanya, ia selalu berkilah dan mengarahkan obrolan ke hal lain.

"Selalu nanya dari kemarin juga, tapi kan psikis Azka masih lemah. Jadi fokus ke kesehatannya saja, kalau dia nanya selalu saya jawab yang lain biar nggak kepikiran," kata Miftahudin.

Hari tadi, Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menengok Azka. Dua pejabat negara yang menengok keponakannya itu, kata Miftahudin, memberikan dorongan moral mengingat Azka kehilangan ibu dan neneknya.

"Iya tadi ditengok sama Pak Jokowi dan Pak Prabowo. Ya memberikan motivasi dan mendoakan Azka, terus mendoakan ibu dan neneknya yang meninggal dan memberikan bantuan," kata Miftahudin.

(mso/mso)