DVI Polri Catat 48 Warga Cianjur Masih Hilang Usai Gempa

DVI Polri Catat 48 Warga Cianjur Masih Hilang Usai Gempa

Whisnu Pradana - detikJabar
Kamis, 24 Nov 2022 17:57 WIB
Ponpes di Cianjur yang nyaris terguling usai diguncang gempa.
Ponpes di Cianjur yang nyaris terguling usai diguncang gempa. (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)
Cianjur -

Sebanyak 48 orang yang menjadi korban dahsyatnya guncangan gempa 5,6 magnitudo di Kabupaten Cianjur masih dinyatakan hilang. Data itu berdasarkan laporan dari warga.

Data tersebut didapat Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri berdasarkan laporan dari sejumlah warga ke posko pengaduan orang hilang di RSUD Sayang, Cianjur hingga Kamis (24/11/2022).

"Sebanyak 48 orang korban gempa Cianjur masih dinyatakan hilang, sampai saat ini jenazahnya belum ditemukan. Itu berdasarkan laporan keluarga," ujar Kabid DVI Rodokpol Pusdokkes Polri Kombes drg Ahmad Fauzi.


Ahmad mengatakan bagi keluarga yang masih kehilangan anggota keluarganya, bisa melapor ke posko pencarian orang hilang, posko antemortem DVI di bagian forensik RSUD Sayang, Cianjur.

"Keluarga diminta membawa data korban berupa kartu keluarga, rekam medisgigi, serta foto terakhir korban. Kemudian untukpengambilan sampel DNA antemortem korban diharapkan orangtua kandung atau anak kandung korban yang hadir guna diambil sampel DNA-nya," ungkap Ahmad.

Saat ini pihaknya sudah menerima 131 kantong jenazah dengan 130 kantong jenazah di antaranya berisi jenazah utuh. Sementara satu kantong jenazah lagi berisi body part atau bagian tubuh.

Sampai Rabu (23/11/2022), pihaknya sudah mengidentifikasi sebanyak 123 jenazah. Jenazah itu kemudian diserahkan ke pihak keluarga masing-masing. Sedangkan pada Kamis ini, Tim DVI telah berhasil mengidentifikasi lagi satu jenazah dengan nomor PM062022 Cianjur 117.

Nomor itu cocok dengan data antemortem nomor 63. Teridentifikasi sebagai Nining, wanita 64 tahun, dengan alamat Sarampad, RT 01/02, Kecamatan Cugenang, Cianjur. Ia teridentifikasi berdasarkan sidik jari dan catatan medis.

Saat ini masih ada enam jenazah yang masih menunggu kelengkapan data antemortem. Kemudian ada satu jenazah berbentuk body part masih menunggu pemeriksaan lebih lanjut berupa tes DNA.

Simak Video 'Korban Tewas Akibat Gempa Cianjur Jadi 272 Orang!':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/dir)