Sepanjang Mata Memandang, Rumah Porak-poranda di Gasol Cianjur

ADVERTISEMENT

Visual 360

Sepanjang Mata Memandang, Rumah Porak-poranda di Gasol Cianjur

Whisnu Pradana - detikJabar
Rabu, 23 Nov 2022 19:02 WIB
Rumah yang Porak-poranda di Gasol, Cianju
Rumah yang Porak-poranda di Gasol, Cianjur (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)
Cianjur -

Rumah di sepanjang Kampung Gasol, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur porak-poranda diamuk gempa berkekuatan 5,6 magnitudo pada Senin (21/11/2022).

Tiang-tiang fondasi yang menopang rumah, kini rata dengan tanah. Kendaraan, barang-barang, dan harta benda dibiarkan terkubur di dalamnya.

Pemiliknya memilih mengungsi demi menyelamatkan nyawa. Bukan tanpa sebab, hal itu karena gempa susulan sejak gempa pertama terasa terus terjadi.

Banyak warga yang mendirikan tenda pengungsian secara mandiri, adapula yang memilih berdesakan dengan pengungsi lainnya di tenda pengungsian tertutup yang didirikan di tempat terbuka.

Sebagian pengungsi sudah tersentuh bantuan, di tempat lain penyintas gempa itu juga akhirnya meminta segera dikirimkan bantuan seperti makanan, selimut, hingga obat-obatan.

"Ya rumahnya sekarang hancur, tinggal dulu di pengungsian. Semua habis, sudah nggak punya apa-apa lagi. Mudah-mudahan bisa dibantu biar punya rumah lagi," ujar Ayi (69) warga Kampung Gasol, kepada detikJabar, Rabu (23/ 11/2022).

Ayi berprofesi sebagai petani sejak puluhan tahun silam. Gempa yang membuat rumahnya ambruk, juga meratakan lahan garapannya.

"Nggak tahu juga mau kerja apalagi, soalnya dari dulu penghasilannya cuma dari tani. Mudah-mudahan kalau sudah aman, nanti sawahnya bisa digarap lagi," tutur Ayi.

Namun prioritasnya kini adalah kesehatan sang istri yang ikut menjadi korban gempa. Istrinya mengalami luka di bagian kepala, dan harus mendapatkan belasan jahitan.

"Alhamdulillah istri selamat, kepalanya saja dijahit soalnya bahan atap tertimpa. Kemarin di jahit di rumah sakit, sampai 17 jahitan," kata Ayi.

(yum/yum)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT