Cegah Kriminalitas, Pemkot Bandung Tambah PJU-CCTV

Cegah Kriminalitas, Pemkot Bandung Tambah PJU-CCTV

Sudirman Wamad - detikJabar
Kamis, 17 Nov 2022 20:15 WIB
Ilustrasi CCTV
Ilustrasi CCTV (Foto: dok. Hikvision)
Bandung -

Pemerintah Kota Bandung merespons maraknya kasus kejahatan jalanan di Kota Bandung belakangan ini. Pemkot akan menambah penerangan jalan umum (PJU) dan CCTV untuk mencegah terjadinya tindakan kriminalitas.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan pemkot berupaya meminimalisir kejahatan jalanan khususnya begal dengan memperbanyak PJU, Penerangan Jalan Lingkungan (PJL), dan Closed Circuit Television (CCTV). Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 24 miliar.

"Di anggaran (APBD) perubahan untuk PJU dan PJL serta ada juga untuk CCTV sudah kita siapkan. Karena faktanya kejadian kejadian itu (kriminalitas) bisa terekam CCTV," kata Yana dalam keterangan yang diterima detikJabar, Kamis (17/11/2022).


Yana juga memastikan penempatan PJU, PJL dan CCTV akan disesuaikan sesuai kebutuhan. Tak Hanya itu, ia juga memastikan pemasangan PJU dan PJL akan berkoordinasi dengan seluruh instansi di lingkungan Pemkot Bandung agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

"Saya sudah panggil Kadishub dan Dinas Pertamanan, untuk berkoordinasi menerapkan PJU dan PJL terutama di kawasan pohon rindang seperti Cipaganti dan Setiabudi memang banyak yang terhalang, tapi karena sekarang pake LED. Insyaallah Baguslah," jelas Yana.

Yana mengaku sangat prihatin dengan peristiwa kejahatan yang menyebabkan dua pria tewas di kawasan batas kota, Jalan Sudirman, Kota Bandung, beberapa hari lalu. "Saya prihatin, saya juga mengingatkan kepada warga untuk berhati-hati dan tidak memaksakan berpergian di malam hari," imbau Yana.



Simak Video "Begal Dikeroyok Warga di Bandung, Disebut Sempat Todongkan Pistol"
[Gambas:Video 20detik]
(sud/dir)