Jemaah Umrah Jabar Bisa Berangkat dari BIJB pada 20 November

Jemaah Umrah Jabar Bisa Berangkat dari BIJB pada 20 November

Wisma Putra - detikJabar
Selasa, 15 Nov 2022 17:00 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati jadi bengkel pesawat.
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Majalengka. (Foto: Erick Disy Darmawan/detikJabar)
Bandung -

Pemberangkatan umrah di Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati sempat tertunda. Tapi kini jemaah umrah dipastikan diberangkatkan via BIJB pada 20 November 2022.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jabar Ajam Mustajam mengatakan, Kemenag Jabar punya beban moral untuk memajukan Jawa Barat. Salah satunya dari penyelenggaraan haji dan umrah dengan melakukan pemberangkatan melalui BIJB.

"Isyaallah umrah akan dimulai kalau berdasarkan kesiapan (BIJB) dari Kertajati itu di bulan sekarang (November) perkiraan di tanggal 20 berangkat bisa melalui Kertajati," kata Ajam kepada wartawan di Bandung, Selasa (15/11/2022).


Menurut Ajam, pada 20 November nanti bakal ada satu kloter jemaah yang berangkat dari BIJB. "Jemaah umrah rencananya tanggal 20 (November) itu 1 kloter yang terdiri dari 400 orang," tuturnya.

Disingung mengapa pemberangkatan pada 7 November ditunda, Ajam menyebut ada kendala teknis. "Ada kendala teknis lain itu, maka agak sedikit mundur, insyaallah tanggal 20 (November)," ujarnya.

Selain itu, terkait avtur Ajam juga menyebut hal itu merupakan kebijakan pemerintah pusat.

"Kalau yang namanya harga avtur itu bagian daripada pemerintah. Tapi yang jelas kami selaku pemerintah melalui Kemenag dan Pemprov Jabar tidak akan merugikan pengusaha dan tidak akan menyusahkan para jemaah umrah dengan penerbangan melalui Kertajati ini," jelasnya.

Menurutnya, untuk maskapai sendiri di BIJB baru ada dua yakni Garuda Indonesia dan Lion Air. "Kami berkomitmen bahwa (BIJB) Kertajati harus dipakai untuk kepentingan masyarakat Jabar," pungkasnya.

(wip/orb)