Tersesat, 5 Pendaki di Gunung Guntur Garut Minta Dievakuasi

Tersesat, 5 Pendaki di Gunung Guntur Garut Minta Dievakuasi

Hakim Ghani - detikJabar
Sabtu, 22 Okt 2022 08:10 WIB
Gunung Guntur
Gunung Guntur Garut (Foto: Hakim Ghani/detikJabar)
Garut -

Lima orang pendaki tersesat di Gunung Guntur, Garut. Mereka menghubungi petugas SAR dan meminta untuk diselamatkan.

Kabar mengenai tersesatnya lima orang pendaki tersebut, dibenarkan Analis Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor. Joshua mengatakan, pihaknya menerima informasi dari salah seorang pendaki yang ada dalam rombongan tersebut melalui aplikasi perpesanan.

"Kami menerima laporan sekitar pukul 20.25 WIB. Isinya, pendaki meminta untuk dievakuasi karena terjebak di kawasan hutan Gunung Guntur," kata Joshua kepada detikJabar, Sabtu (22/10/2022).


Kelima pendaki tersebut, diketahui mulai melakukan pendakian pada Jumat (21/10) siang sekira jam 13.30 WIB melalui kawasan Tanjung. Pada pukul 17.00 WIB, mereka melintas di Pos 1 Gunung Guntur. Tapi, mereka diduga kehilangan arah dan tersesat.

"Kemudian rombongan tersesat di hutan," ucap Joshua.

Tim SAR saat ini tetap dalam kontek dengan para pendaki yang tersesat itu. Saat ini, Kantor SAR Bandung memberangkatkan sejumlah personelnya, untuk menyelamatkan para pendaki tersebut.

"Saat ini (para pendaki) berada di tenda karena kondisi di lokasi hujan," pungkas Joshua.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun dari pihak kepolisian, kelima orang pendaki yang tersesat itu adalah Jilmi, Raihan, Mikdar, Husni dan Angga.

Ditemukan Selamat

Lima orang pendaki yang tersesat di Gunung Guntur ditemukan. Mereka ditemukan dengan selamat oleh tim SAR gabungan.

Para pendaki tersebut ditemukan oleh tim SAR gabungan pada Sabtu (22/10/2022) pagi tadi. Mereka ditemukan tak jauh dari Pos 3 Gunung Guntur.

"Pada pukul 03.45 WIB, tim SAR gabungan menerima informasi 5 pendaki yang sebelumnya dilaporkan tersesat, telah ditemukan dalam keadaan selamat," ucap Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril, Sabtu (22/10).

Kelima pendaki tersebut berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Mereka yang kedinginan usai diguyur hujan semalaman kemudian langsung dievakuasi oleh tim SAR.

"Kemudian dievaluasi pada pukul 04.16 WIB menuju Pos 3 Gunung Guntur," ungkap Jumaril.

Kelima pendaki yang tersesat di Gunung Guntur itu, antara lain Angga, Jilmi, Raihan, Mikdar dan Husni. Mereka diketahui muncak ke Gunung Guntur pada Jumat (21/10) siang kemarin.

Menurut informasi yang dihimpun, rombongan tiba-tiba kehilangan arah, saat berada di kawasan Pos 1 Gunung Guntur. Mereka kemudian tersesat di lokasi tersebut.

Suasana saat itu, dilaporkan cukup menegangkan. Sebab, saat kelima pendaki dilaporkan hilang, turun hujan besar di lokasi kejadian.

Para pendaki, kemudian memutuskan untuk bertahan di dalam tenda dan melaporkan kejadian itu, ke petugas SAR.



Simak Video "Penampakan di Kawasan Gunung Guntur, Pendaki Diharapkan Jaga Sikap"
[Gambas:Video 20detik]
(tya/tey)