Lokasi, Jalur Pendakian dan Tiket Masuk Gunung Guntur

Hakim Ghani - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 06:00 WIB
Gunung Guntur Garut
Gunung Guntur (Foto: Hakim Ghani)
Garut -

Gunung Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat menjadi salah satu pilihan untuk mendaki. Suguhan pemandangan yang menarik serta jalur yang cocok bagi para pemula membuat Gunung Guntur jadi primadona.

Gunung Guntur terletak di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Lokasinya, dekat dengan objek wisata air panas yang terkenal di Garut, Cipanas.

Dari kawasan Bandung via Nagreg, Gunung Guntur hanya berjarak sekitar 25 kilometer dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam menggunakan kendaraan bermotor.


Gunung Guntur ini memiliki pemandangan yang indah. Hamparan padang rumput dan ilalang jadi daya tarik tersendiri. Belum lagi bebatuan yang biasanya kerap dijadikan spot untuk berfoto. Udara sejuk khas pedesaan dan hamparan sawah yang berada di sekelilingnya juga menambah daya tarik.

Belum lagi pemandangan di puncak Gunung Guntur benar-benar mempesona. Para pendaki disuguhkan dengan pemandangan indah perkotaan. Apalagi saat malam hari, mereka bisa melihat city light perkotaan Garut.

Jalur Gunung Guntung

Jalur pendakian Gunung Guntur juga diketahui relatif mudah untuk dilalui. Maka tak heran, banyak pendaki pemula yang berlatih di gunung yang memiliki ketinggian 2.249 Meter di atas permukaan laut (MDPL) ini.

Untuk menuju ke puncak Gunung Guntur, ada dua jalur resmi yang biasanya digunakan oleh para pendaki. Yakni jalur Citiis di Kecamatan Tarogong Kaler serta Jalur Cikahuripan yang ada di Kecamatan Samarang.

Jika diakses dari kawasan Bandung, Jalur Citiis merupakan yang paling dekat. Basecamp Gunung Guntur via Citiis terletak di Kampung PLP, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kab. Garut. Tak jauh dari objek wisata Cipanas.

Rute ini merupakan jalur yang paling sering dilintasi oleh para pendaki yang hendak menuju ke puncak Gunung Guntur. Di sana ada penitipan kendaraan, hingga tempat beristirahat bagi pendaki yang disediakan warga setempat.

Selain Jalur Citiis, ada juga Jalur Cikahuripan. Sama dengan Citiis, jalur ini juga merupakan jalur resmi pendakian menuju Gunung Guntur, Garut. Namun, jika diakses dari arah Bandung, lokasinya agak jauh dibanding Citiis.

Untuk bisa mencapai basecamp pendakian ke Gunung Guntur via Cikahuripan, Anda bisa melaju dari arah Bandung menuju ke kawasan Kamojang, via Jalan Otista kemudian Jalan Raya Samarang.

Kemudian masuk ke Jalan Raya Kamojang dan melaju di sana dengan jarak sekitar 3,6 kilometer. Setelah menempuh jarak tersebut, anda bakal menemukan kantor Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang. Kemudian belok ke kanan menuju Kampung Cisaat.

Basecamp Gunung Guntur via Cikahuripan berada di Kampung Cisaat, Desa Tanjung Karya, Kecamatan Samarang. Sama halnya dengan di Citiis, di sana juga ada tempat penitipan kendaraan bermotor dan tempat beristirahat bagi para pendaki.

Mengenai tiket masuknya sendiri, berdasarkan informasi yang dihimpun oleh DetikJabar, kedua gerbang masuk ini menerapkan harga yang sama yakni Rp 15 ribu per orang. Sedangkan parkir kendaraan dibanderol Rp5 ribu hingga Rp20 ribu rupiah.

(iqk/iqk)