Kisah Guru Honorer Bandung yang Aktif di Musik Underground

Kisah Guru Honorer Bandung yang Aktif di Musik Underground

Yuga Hassani - detikJabar
Rabu, 05 Okt 2022 20:30 WIB
Wildan (paling kanan) Guru sekaligus musisi underground.
Wildan (paling kanan) Guru sekaligus musisi underground (Foto: Istimewa)
Kabupaten Bandung -

Wildan Rizkillah Widjaja (25) merupakan seorang guru honorer di SMK Pasundan Majalaya, Kabupaten Bandung. Namun di luar aktivitasnya sebagai pengajar, ternyata dirinya aktif sebagai musisi band beraliran Blackened Crust Hardcore.

Dalam kesehariannya di sekolah, Wildan dikenal dekat dengan para muridnya. Apalagi dirinya mengajar dalam pelajaran olahraga.

Melalui olahraga, dirinya melabuhkan kehidupannya sebagai pengajar di SMK Pasundan Majalaya. Namun meski begitu saat ini dirinya masih berstatus sebagai guru honorer.


"Saya pertama ngajar dari tahun 2015 akhir, saat masih kuliah semester 4. Jadi sambil kuliah kelas karyawan, dan berjalan sampai sekarang 2022 alhamdulillah. Saya kuliah STKIP Pasundan angkatan 2014," ujar Wildan kepada detikJabar, Rabu (5/10/2022).

Karirnya sebagai pengajar dimulai saat menjalani magang di sekolah tersebut. Namun setelah selesai magang dirinya malah ditawari untuk terus mengajar.

"Soalnya guru olahraganya yang sebelumnya jadi wakasek bidang kurikulum, jadi sibuk. Terus aja jam (ngajar) dia dikasihkan ke saya. Kuliah itu saya jurusan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR), olahraga. Awal ngajar juga langsung olahraga," katanya.

Ketika memulai mengajar di sekolah dirinya tidak langsung bisa lancar dalam mengajar. Apalagi pada saat itu dirinya masih pertama.

"Pas ngajar pertama memang kesulitannya adalah cara berbicara dengan anak-anak. Apalagi pada saat itu kan masih awam dalam hal mengajar. Tapi kalau udah biasa, sekitar satu dua bulan juga udah mulai adaptasi dengan anak-anak. Mulai aja aman dengan anak-anak, sudah bisa sambil bercanda, jadi enak menyampaikannya juga," jelasnya.

Pihaknya mengaku dalam satu pekan bisa mengajar beberapa kelas. Kelas yang diisi oleh dirinya adalah kelas 10 dan 11.

"Saya sekarang ngajar kelas 10 ada empat kelas, kelas 11 saya ngajar dua kelas. Terus jadwal saya itu dari Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat. Kamisnya kosong, cuma piket aja," ucapnya.

Dalam pendidikannya, Wildan telah berhasil menyelesaikan pendidikannya hingga S2 di STKIP Pasundan dengan jurusan yang sama.

"Saya lulus S1 2019, S2 lulus sekitar tahun 2022 awal. S2nya saya nerusin lagi ke PJKR, jadi linier lah, masih di STKIP Pasundan," tuturnya.

Wildan menyebutkan hingga saat ini statusnya masih sebagai guru honorer. Dengan gaji yang dibilangnya masih cukup.

"Sekarang masih honorer. Kalau gaji lumayan lah buat yang masih sendiri mah. Tapi dari gaji ngajar mah bersihnya sekitar Rp 500 sampai Rp 700 ribu, soalnya disesuaikan dengan jam juga. Tapi darisitu juga ada tambahan seperti, jadi walikelas, terus kalau piket. Total perbulan mah kurang lebih sekitar Rp1,5 juta per bulan," kata Wildan.



Simak Video "Peringati Hari Guru, Siswa SD di Sidrap Buat Prakarya dari Barang Bekas"
[Gambas:Video 20detik]