Tali Toga Dipindah ke Kanan Saat Wisuda, Ternyata Maknanya Mendalam

Tali Toga Dipindah ke Kanan Saat Wisuda, Ternyata Maknanya Mendalam

Cornelis Jonathan Sopamena, Tim detikEdu - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 19:45 WIB
A group of multietnic students celebrating their graduation by throwing caps in the air closeup. Education, qualification and gown concept.
Ilustrasi Wisuda (Foto: iStock)
Bandung -

Toga menjadi salah satu kostum yang dikenakan ketika wisuda. Momen wisuda tentunya hal paling ditunggu seorang mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya di jenjang universitas.

Dalam perayaan wisuda, terhadap satu prosesi yang seringkali menjadi puncak kebanggaan seorang wisudawan, yaitu saat tali toga miliknya dipindah ke kanan. Kendati demikian, apakah terdapat makna pemindahan tali toga ke kanan tersebut?

Dilansir dari detikEdu, Guru Besar Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Dr. Slamet Widodo, M.S., M.M. mengungkap pemindahan tali toga dari kiri ke kanan itu memiliki makna tersendiri dan bukan sekadar aksi simbolis. Sebab, masih banyak orang berpikir prosesi tersebut merupakan simbol mahasiswa diserahkan kembali ke masyarakat untuk menerapkan ilmunya.


Ternyata, terdapat makna yang lebih dalam dari itu. Prof. Selamet mengungkap otak kiri memiliki fungsi untuk kecerdasan manusia, berpikir secara kritis dan berlogika. Mahasiswa tentunya tidak asing lagi dengan pemikiran kritis dan logis sebab berbagai tugas dan ujian dalam tingkat universitas pun biasanya wajib menggunakan logika, tidak hanya berdasarkan buku teks.

Setelah mahasiswa lulus, dirinya tidak akan lagi menjadi mahasiswa, tetapi anggota masyarakat. Bagian ini lah yang menjadi inti perpindahan tali toga dari kiri ke kanan tersebut.

"Ketika tali toga secara simbolis telah dipindahkan pada bagian kanan, ada perubahan besar yang terjadi. Mahasiswa akan kembali pada masyarakat dan menjadi bagian di dalamnya. Setiap ilmu yang diperoleh bukan hanya sebatas teori, namun praktik nyata," ucap Prof. Selamet dikutip dari detikEdu, Rabu (28/09/2022).

Dirinya juga menyebut prosesi tersebut dapat memberi gambaran bahwa mahasiswa tidak bisa lagi bermalas-malasan dan tidak produktif. Sebab, wisudawan harus siap menciptakan masa depan yang lebih baik.

Artikel ini telah tayang di detikEdu dengan judul Mengapa Tali Toga Dipindahkan ke Kanan Saat Wisuda? Ini Alasannya. Baca di sini.

(iqk/iqk)