Ratusan Anggota Linmas Pangandaran Adu Baris Berbaris di HUT TNI

Ratusan Anggota Linmas Pangandaran Adu Baris Berbaris di HUT TNI

Aldi Nur Fadilah - detikJabar
Rabu, 05 Okt 2022 15:23 WIB
Keseruan Lomba PBB Satlinmas Pangandaran
Keseruan Lomba PBB Satlinmas Pangandaran (Foto: Aldi Nur Fadilah/detikJabar)
Pangandaran -

Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) meriahkan rangkaian Milangkala Kabupaten Pangandaran yang ke-10 Tahun dan HUT TNI Ke 77 Tahun.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pangandaran Dedih Rakhmat mengatakan, lomba ini upaya meningkatkan PBB para Satlinmas di Kabupaten Pangandaran.

"Ada ratusan Satlinmas yang mengikuti Lomba PBB dari perwakilan 10 Kecamatan yang ada di Pangandaran," kata Dedih kepada detikJabar, Rabu (5/10/2022).


Menurutnya lomba PBB ini selain menambah keterampilan dalam membuat barisan, banyak keunikan yang diperlihatkan.

"Ya mungkin karena banyak yang masih salah dan ada anggota satlinmas sudah berumur masih dilibatkan," katanya.

Keseruan Lomba PBB Satlinmas PangandaranKeseruan Lomba PBB Satlinmas Pangandaran Foto: Aldi Nur Fadilah/detikJabar

Ia mengatakan, lomba PBB ini bisa menjadi ajang menjalin silaturahmi linmas desa se-Pangandaran dan peningkatan kapasitas linmas. "Harapannya Linmas desa bisa diberdayakan di masyarakat," katanya.

"Tadi juga banyak terlihat PBB para linmas masih banyak yang salah, mungkin karena kurang konsentrasi. Kebanyakan mereka usia 40 tahun ke atas," ucapnya.

Salah satu Linmas di Pangandaran Abdul Mubin (56) mengatakan, banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan lomba PBB ini.

"Ya masih banyak yang salahnya untuk baris-berbaris," katanya.

Linmas Lainnya Eji (45) mengaku hanya latihan beberapa hari saja untuk persiapan lomba PBB. "Yang penting kekompakannnya," kata Eji.

Lomba PBB yang dilaksanakan di Alun-alun Paamprokan Pangandaran menarik perhatian warga untuk menonton. Pasalnya keseruan lomba PBB untuk Limnas dipenuhi dengan kelucuan dari para peserta.

Meskipun hanya formasi sederhana, gerakan variasi PBB para Linmas sangat unik dan lucu. Berbeda dengan PBB yang diikuti peserta tingkat SMA dan lainnya. PBB Linmas ini banyak menuai tawa.

(yum/yum)