Kisah Heroik Satpam Padamkan Api yang Nyaris Bakar Minimarket

Kabupaten Sukabumi

Kisah Heroik Satpam Padamkan Api yang Nyaris Bakar Minimarket

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Rabu, 05 Okt 2022 11:49 WIB
Kebakaran di salah satu minimarket di Sukabumi.
Kebakaran di salah satu minimarket di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikJabar)
Sukabumi -

Asap mengepul dari dalam bangunan salah satu minimarket di Jalan Siliwangi, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi sekitar pukul 06.30 WIB, tadi. Sejumlah pegawai yang baru membuka kunci, terlihat panik mencari pertolongan.

Sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi tidak kalah panik, mereka melihat asap hitam keluar dari sela-sela pintu folding gate yang baru terbuka sebagian.

"Asapnya lumayan banyak, saya pikir sudah ada api. Ternyata hanya asap yang keluar dari meja kasir Alfamart, mau dipadamkan juga pegawainya juga kebingungan karena asapnya cukup tebal," kata Dodi, warga di sekitar lokasi kepada detikJabar, Rabu (5/10/2022).


Kepulan asap itu juga dilihat sejumlah satpam Bank BJB yang berlokasi di seberang minimarket tersebut. Bersamaan dengan itu, salah seorang pegawai dari minimarket meminta pertolongan ke satpam untuk melihat asal kepulan asap.

Saat itu, Hidayat salah seorang satpam yang pertama merespons, mengajak beberapa rekannya. Dia dengan sigap mendatangi lokasi dan mencari sumber asap, saat itu sejumlah pegawai minimarket itu menunjukkan penyimpanan alat pemadam api ringan (APAR).

"Petugas kami Pak Hidayat menerima permintaan tolong itu, sebenarnya posisi beliau memang sedang mau menyeberang jalan ke arah Alfa karena melihat asap. Dia dimintai bantuan karena ada asap mengepul, lalu petugas satpam kami itu sigap mendatangi tempat kejadian ketika dilihat ada semacam sekam bara dan percikan api di bawah meja kasir," kata Manajer Operasional BJB Palabuhanratu, Angga Setiana kepada detikJabar, Rabu (5/10/2022).

Angga mengatakan, Hidayat adalah petugas satpam yang bertugas malam. Pagi itu jadwalnya dia berganti tugas dengan rekannya. Saat mendapatkan Apar ia kemudian disemprotkan ke bara yang berada di meja kasir.

"Beliau langsung mengambil Apar punya Alfa, karena pegawai minimarket itu mengaku kesulitan mengoperasikan alat tersebut. Jadi rekan-rekan satpam BJB langsung mengoperasikan Apar dan memadamkan potensi api," ujar Angga.

Api akhirnya bisa dipadamkan, meskipun sejumlah peralatan kasir sudah terlihat meleleh namun tidak sempat menimbulkan api. "Jadi Satpam kami memang sudah terlatih menghadapi situasi darurat seperti kebakaran, gempa bumi dan lain-lain. Kebetulan karena posisi pos satpam berseberangan dengan lokasi kejadian Alfamart. Otomatis tim kita sigap membantu meskipun posisinya di luar gedung kita," beber Angga.

Sementara itu, petugas Damkar Palabuhanratu, Aceng membenarkan peristiwa tersebut. Saat kejadian, asap memang mengepul dari dalam gedung Alfamart. Petugas Damkar sendiri mendapat laporan dari karyawan minimarket tersebut.

"Tadi pihak Damkar Pos 1 Palabuhanratu mendapat laporan (dari) karyawan Alfamart, kejadian sekitar pukul 06.30 WIB saat dia masuk sudah ada asap tebal, ternyata asap tebal itu dari dua mesin komputer milik Alfamart, kami tidak melihat api," ungkap Aceng.

"Kerusakan alfa mart dua unit komputer, tapi yang lainnya tidak ada kerusakan. Tadi oleh pihak kami taksiran (kerugian) sekitar Rp 30 jutaan," sambungnya.

Pantauan detikJabar terlihat salah satu komputer kasir meleleh, sisa-sisa bekas bara juga berceceran di lantai minimarket tersebut.

(sya/iqk)