Rahasia Umur Panjang Para Manusia Seabad Cianjur

Rahasia Umur Panjang Para Manusia Seabad Cianjur

Ikbal Selamet - detikJabar
Senin, 03 Okt 2022 17:00 WIB
Abah Jajang, Warga Desa Jati Kecamatan Bojongpicung yang berusia 101 tahun namun tetap bugar
Abah Jajang, Warga Desa Jati Kecamatan Bojongpicung yang berusia 101 tahun namun tetap bugar (Foto: Ikbal Selamet/ detikJabar)
Cianjur -

Abah Jajang, Daryo, dan Onon menjadi tiga dari 183 orang di Cianjur yang berusia di atas 100 tahun. Ternyata ketiganya memiliki rahasia pola hidup agar bisa berusia panjang, penasaran? simak rahasia para pemilik usia panjang ini.

Abah Jajang, lelaki berusia 101 tahun ini mengungkapkan jika sejak muda hingga usianya lebih dari seabad ini, dirinya selalu menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

Menurut Jajang, dirinya selalu mengawali harinya dengan meminum segelas air putih yang sudah disiapkan sejak akan tidur. Air putih itu diminum saat bangun pagi, sebelum menunaikan salat subuh.


"Jadi begitu bangun, langsung minum air putih yang abah sudah siapkan di meja di kamar. Baru setelah itu ambil wudhu dan salat subuh," ujar dia.

Setelahnya, Jajang langsung berkeliling rumah untuk berolahraga ringan. Terkadang dirinya juga berkeliling kampung. "Setiap pagi jalan kaki, mau itu di halaman rumah atau keliling kampung, yang penting olahraga ringan," ungkapnya.

Selapas olahraga ringan, baru dia melanjutkan aktivitasnya dengan sarapan.

Makanan yang dikonsumsi Jajang biasanya nasi dengan lauk pauk sayuran. Tapi tidak jarang juga dirinya makan daging atau olahan makanan yang mengandung santan.

"Lebih seringnya abah makan dengan rebus-rebusan, atau dengan lalapan. Lebih nikmat dan menyehatkan juga," kata dia.

"Tapi sebenarnya makanan mah tidak dipantang, yang penting kalau setelah makan ada efek ke badan, lebih baik dihindari atau tidak makan itu lagi. Misalnya kalau makan gulai ke badan jadi enggak enak dan pusing, ya nanti jangan makan itu lagi. Mungkin memang enak, tapi kalau bikin badan tidak sehat buat apa," ucap dia menambahkan.

Abah Daryo, pria berusia 107 tahun di Kabupaten Cianjur Jawa BaratAbah Daryo, pria berusia 107 tahun di Kabupaten Cianjur Jawa Barat Foto: Ikbal Selamet/ detikJabar

Selain itu Jajang juga menerapkan pola pikir yang sehat, dimana tidak terlalu mengambil pusing dengan pekerjaan atau masalah yang dialami.

"Kalau kata orang tua abah mah tong ngingu kapusing (jangan memelihara masalah memusingkan). Kalau ada masalah, segera selesaikan, kalau ada pekerjaan yang memusingkan ya kerjakan jangan malah dipikirkan tapi tidak dikerjakan, nantinya malah semakin pusing, pikiran juga jadi terganggu," tuturnya.

Sama halnya dengan Jajang, Abah Daryo (107) dan Onon (102) juga menjalankan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang ditanam sendiri sehingga keduanya juga bisa berusia panjang.

"Abah mah makan nasi dengan rebusan sayur, jarang beli makan dari luar. Makanya masih bisa sehat badan, meskipun sekarang mengalami gangguan penglihatan," ungkap Daryo.

Di sisi lain Onon juga terbiasa makan lalapan dan ikan asin sebagai lauk pendamping nasi. "Paling senang makan dengan lalapan, daripada makan yang aneh-aneh. Lebih nikmat ikan asin dengan lalapan, sehat juga," ujar Onon.

(yum/yum)