Kanker Payudara dan Pentingnya Deteksi Dini Bagi Perempuan

Kanker Payudara dan Pentingnya Deteksi Dini Bagi Perempuan

Whisnu Pradana - detikJabar
Senin, 03 Okt 2022 09:44 WIB
Ilustrasi kanker payudara
Ilustrasi kanker payudara (Foto: iStock)
Bandung Barat -

Kanker payudara menjadi momok bagi kaum perempuan di tanah air karena masih banyak yang abai. Kebanyakan kanker itu juga diketahui setelah stadium lanjut.

Bertepatan dengan bulan kanker payudara di Oktober kali ini, organisasi humanitarian Rotary Club Bandung Braga Metropolitan menggelar kegiatan sosial sekaligus penggalangan dana untuk membantu para pengidap kanker terutama payudara mampu memeriksakan diri sejak dini.

"Banyak kendala pada kaum perempuan untuk menjalani pemeriksaan payudaranya sejak awal," ungkap Presiden Rotary Club Bandung Braga Metropolitan Lidwina Jenny, kepada wartawan, Senin (3/10/2022).


Jenny menyebutkan kendala utama pada kasus kanker termasuk kanker payudara yakni tidak adanya biaya untuk memeriksakan diri. Juga karena tidak sadarnya mereka pada gejala awal kanker payudara.

"Biaya pemeriksaan itu rata-rata berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 400.000. Tidak heran banyak perempuan yang abai, selain karena tidak ada biaya mereka juga tidak paham," ucap Jenny.

Pihaknya bersama Priangan Cancer Care juga bakal memberikan pelayanan USG gratis secara berkala sebagai upaya Disease Prevention dan Treatment atau upaya penanganan dan pencegahan penyakit.

Alat USG tersebut merupakan alat yang portable sehingga mudah dibawa. Oleh karena itu alat itu hanya akan disediakan di kegiatan-kegiatan tertentu sehingga memudahkan perempuan untuk memeriksakan payudaranya.

"Kami ingin memberikan pelayanan USG gratis secara berkala dengan menyediakan alat ini. Apalagi di bulan Oktober ini bertepatan dengan cancer awareness month," ucap Jenny.



Simak Video "Benarkah Makanan Tertentu Bisa Picu Kanker Payudara?"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)