Mengintip Konsep Motor Hidrogen Masa Depan

Tim detikOto - detikJabar
Sabtu, 01 Okt 2022 20:00 WIB
Motor hydrogen Hydra
Motor hydrogen Hydra (Foto: Pool (Motorcyclenews)
Jakarta -

Kendaraan listrik sangat serius dicanangkan oleh berbagai pihak. Itu terlihat dari banyaknya pabrikan kendaraan yang berlomba-lomba untuk membuat kendaraan listrik yang bakal menjadi kendaraan masa depan.

Selain kendaraan listrik, muncul konsep kendaraan hidrogen yang sedang dikembangkan. Salah satunya adalah produk motor hidrogen bernama Hydra. Sesuai konsepnya, motor ini sangat berbeda baik dari desain maupun teknologinya dibanding motor konvensional.

Dilansir detikOto, Hydra yang merupakan motor hidrogen ini adalah karya yang dibuat oleh Anton Brousseau, Andre Taylforth dan Anton Guzhov, desain dari Kiska Design.


"Kami semua bekerja di meja terpisah di area desain transportasi, jadi tentu saja saat bekerja bersama kami menjadi teman baik," ucap Taylforth.

"Sejak kami semua meninggalkan KISKA, kami semua menjalani perjalanan karir yang berbeda tetapi dengan cepat akhirnya bekerja bersama lagi secara profesional sebagai pekerja lepas, dan untuk proyek pribadi Hydra," ucap Taylforth menambahkan.

Dijelaskan, desain Hydra lahir dari ketiga desainer tersebut yang memang menyukai sepeda motor. Taylforth mengawalinya karena karena telah mencintai dunia motorcross semenjak kecil.

Belum lagi, Anton Brousseau yang juga menggilai motor sport, dan Anton Guzhov telah menggambar sejak usia dini berbagai objek mekanik termasuk sepeda motor. Akhirnya Hydra terlahir dengan mengusung platform hidrogen.

Meski masih dalam bentuk konsep, motor hidrogen yang satu ini bisa dikatakan cukup menarik bagi para produsen motor, yang menyatakan keseriusan mereka untuk bisa memproduksinya.

"Meskipun tidak dirancang dengan mempertimbangkan manufaktur, Hydra membangkitkan minat yang cukup besar di antara industri sel hidrogen. Bukan niat kami untuk membawa Hydra ke pasar, itulah sebabnya kami terkejut telah didekati oleh beberapa produsen dan pemasok teknologi hidrogen yang menunjukkan minat pada apa yang kami lakukan," kata Andre.

"Ini akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan untuk mengaktualisasikan Hydra dan kami terbuka untuk kemungkinan itu. Namun, kami juga memahami secara realistis bahwa kami akan membutuhkan platform yang direkayasa lebih kokoh dan pertimbangan yang lebih baik untuk standar homologasi/ergonomi," Andre menambahkan.

Disesalkan para desainer ini tidak membocorkan spesifikasi apa yang bakal ditawarkan pada motor hidrogen ini. Wah, kalau benar-benar masuk jalur produksi bakal menarik banget pasti ya.


Artikel ini telah tayang di detikOto dengan judul Ini Dia Motor Konsep Hidrogen Masa Depan, Keren Gak?. Baca selengkapnya di sini.

(bba/iqk)