Aksi Horor Seniman Oleskan Darah di Kantor Kedubes Iran di Berlin

Kabar Internasional

Aksi Horor Seniman Oleskan Darah di Kantor Kedubes Iran di Berlin

Tim detikHOT - detikJabar
Sabtu, 01 Okt 2022 18:30 WIB
Seniman Zehra Dogan
Seniman Zehra Dogan. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Seniman sekaligus jurnalis Zehra Dogan melakukan demonstrasi dengan membuat seni performans yang mengoleskan darah di depan Kedutaan Besar Iran di Berlin, Jerman.

Aksi menakutkan yang dilakukan Zehra dalam rangka solidaritas aksi bersama perempuan Iran itu memprotes kematian Mahsa Amini, 22 tahun. Sekadar diketahui, Mahsa Amini diduga dipukuli oleh polisi moral sampai masuk ke rumah sakit karena tidak memakai hijab.

Mahsa Amini dan pengunjuk rasa di depan Kedubes Iran di Jerman sama-sama berasal dari suku Kurdi. Dikutip dari detikHot, Sabtu (1/10/2022) aksi tersebut viral di media sosial Twitter, pada pekan ini.


Dalam video pertunjukan yang di-posting sang seniman ke media sosial, dia tampak mengoleskan campuran dari apa yang digambarkan sebagai rambut, pacar, dan darah menstruasi di gerbang dekat kedutaan. Tak berapa lama kemudian, dua polisi pun tiba.

Salah satunya menyeret sang seniman untuk pergi. Dilansir dari Art Newspaper, Zehra Dogan ditahan sebentar lalu dibebaskan keesokan harinya.

"Mereka belum memberikan hukuman apapun sekarang, tapi nanti konsulat Iran dapat menuntut denda karena merusak properti itu," kata juru bicara Zehra Dogan.

Di akun Twitter pribadinya, Zehra Dogan menuturkan aksi yang dilakukannya sengaja dibuat di depan Kedubes Iran di Berlin.

"Kami di depan mereka dengan apa yang mereka kutuk: darah menstruasi, pacar, dan rambut. Kami tidak sendirian, kami ada di mana-mana," katanya.

Maahsa Amini meninggal pada 16 September di Teheran, Iran. Dia ditangkap oleh polisi moral Iran, diduga karena gagal mengikuti cara berpakaian negara untuk perempuan salah satunya mengenai hijab.

Polisi di Iran mengklaim Mahsa Amini meninggal karena serangan jantung setelah ditahan karena pakaian tidak sopan-nya. Keluarganya pun membantah narasi polisi dan mengatakan selama di penjara, dia ditahan.

Banyak seniman di seluruh dunia juga melakukan unjuk rasa atas kematian kematian Maahsa Amini yang jadi sorotan dunia internasional.



Simak Video "Menkum HAM Dorong Seniman Daftar HKI, Cegah Karya Diklaim Orang Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(wip/dir)