Respons Bupati Majalengka Kala BIJB Kertajati Kembali Beroperasi

Respons Bupati Majalengka Kala BIJB Kertajati Kembali Beroperasi

Erick Disy Darmawan - detikJabar
Sabtu, 01 Okt 2022 02:30 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati jadi bengkel pesawat.
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati (Foto: Erick Disy Darmawan)
Majalengka -

Harapan bangkitnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka akan segera terwujud dalam waktu dekat. November tahun ini bandara tersebut bakal melayani penerbangan umroh.

Adanya kabar terkait aktivitas penerbangan umroh di Bandara Kertajati, disambut baik oleh pemerintah setempat. Pasalnya, dengan hidupnya kembali bandara tersebut diprediksi bakal membawa keberkahan bagi masyarakat sekitar.

"Soal BIJB Kertajati yang akan kembali dihidupkan, tentu kita Pemkab Majalengka sangat menyambut baik ya. Apalagi Pak Menhub dan Pak Gubernur sudah bersuara untuk kembali menghidupkan BIJB," kata Bupati Majalengka Karna Sobahi, Jumat (30/9/2022).


Setelah beberapa tahun 'dihantam' pandemi COVID-19, Bupati Karna merasa bersyukur karena Bandara Kertajati bisa lekas pulih kembali. Ia berharap layanan umroh ini menjadi titik awal kebangkitan bandara kedua terbesar di Indonesia itu.

"Kita prihatin, namun karena pandemi (COVID-19), ya apa boleh buat. Sekarang muncul kembali kebijakan, instruksi dari pemerintah pusat, tentunya ini harus disambut baik. Ini juga merupakan kabar baik bagi masyarakat Majalengka," ujar dia.

Meski Bandara Kertajati diprediksi akan kembali menggeliat, Bupati Karna masih menanti dibuka dan diresmikannya jalur Tol Cisumdawu. Mengingat, lanjut dia, kunci kelancaran akses penerbangan ada di Tol Cisumdawu.

Oleh karena itu, pihaknya berharap jalur Tol yang langsung masuk menuju area Bandara Kertajati ini segera dibuka.

"Kata kuncinya Tol Cisumdawu harus diselesaikan dulu dan dibuka. Karena enggak mungkin juga kan, orang Bandung misalnya mau ke bandara muter-muter dulu ke Cikampek," papar dia.

"Kalau akses Tol Cisumdawu sudah lancar, maka tinggal menunggu keramaian dan pertumbuhan ekonomi yang maju," ucap dia menambahkan.

Bupati berharap masyarakat Kabupaten Majalengka juga ikut memanfaatkan peluang akan kembali ramainya BIJB Kertajati. Rencana penerbangan umroh yang akan dilakukan pada November mendatang, tentu saja akan berimbas pada semua faktor ekonomi.

"Ada langkah untuk umroh dan haji, tahun depan tentu saja akan lebih ramai dan sirkulasi ekonomi, perputarannya akan pesat," ujar dia.



Simak Video "Bandara Kertajati Jadi Pintu Masuk Perjalanan Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)