Warga Sebut Si Euis Buaya Penunggu Sungai Cikaso Bersahabat, Tapi...

Warga Sebut Si Euis Buaya Penunggu Sungai Cikaso Bersahabat, Tapi...

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Jumat, 30 Sep 2022 17:31 WIB
Kemunculan Euis, buaya Sukabumi.
Kemunculan si Euis, buaya penunggu Sungai Cikaso, Sukabumi (Foto: Istimewa).
Sukabumi -

Si Euis, buaya penunggu Sungai Cikaso semakin sering muncul pasca banjir yang melanda pemukiman warga pada Jumat (23/9). Beberapa kali warga mendapati buaya itu melesat di permukaan air, atau berjemur di bantaran sungai.

Bagi warga yang tinggal dekat dengan sungai, kemunculan Euis bukanlah perkara aneh. Mereka sudah biasa melihat Euis hilir mudik di Sungai Cikaso. Namun, bagi mereka yang baru pertamakali melihat kemunculan Euis dipastikan akan membuat geger.

"Saya tinggal sangat dekat dengan sungai, sekitar 30-50 meteran. Baik saya maupun warga yang dekat dengan sungai sudah biasa melihat, bahkan sebelum bencana juga sering muncul," kata Dian Rahayu, warga Kampung Ciniti, Desa/Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi kepada detikJabar, Jumat (30/9/2022).


Dian yang akrab disapa Iyang itu menyebut sejauh ini Si Euis tidak pernah mengusik ketenangan warga, begitu juga warga berlaku sebaliknya. Ketika berhadapan dengan Euis, mereka memilih menghindar dan melihat dari kejauhan.

"Jadi Si Euis ini bisa dibilang bersahabat dengan manusia juga, jadi ketika melihat manusia dia tidak mengejar tidak mengganggu tidak ada warga pernah jadi korban begitu juga ternaknya," ujar Iyang.

"Sejauh ini warga tidak merasa terancam, karena belum ada korban. Mungkin kalau udah ada korban mungkin baru ada tindakan, kan kalau di kita gitu kalau ada korban dulu baru ada tindakan. Sebagian warga memang menginginkan (Si Euis) untuk dipindahkan, walaupun tidak mengganggu," sambung Iyang.

Iyang menduga, Euis maupun buaya lainnya tidak buas karena ukurannya masih kecil. Ia membayangkan ketika suatu saat nanti Euis yang saat ini memiliki panjang 4 meter bertumbuh besar.

"Mungkin saat ini buayanya cenderung kecil, belum ada keberanian. Entah kalau nanti dia sudah berukuran besar satu atau tiga tahun ke depan. Dulu ada yang sampai 6 meter tapi entah kemana mungkin hanyut oleh banjir. Dulu banyak yang kecil sebesar paha orang dewasa kalau sekarang mungkin sudah 4 meteran seukuran Euis," ungkap Iyang.

(sya/mso)