Ridwan Kamil Pamer Desain Tugu Baru Sepatu Cibaduyut

Rifat Alhamidi - detikJabar
Kamis, 29 Sep 2022 21:46 WIB
Lokasi Tugu sepatu Cibaduyut yang hilang. (Foto: Rifat Alhamidi/detikJabar)
Lokasi tugu sepatu Cibaduyut (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom).
Bandung -

Flyover Kopo dipastikan bakal segera diresmikan pada Sabtu (1/10/2022). Kepastian tersebut diumumkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di unggahan akun Instagram pribadinya.

Dilihat detikJabar, Ridwan Kamil mengunggah cuplikan video tentang Flyover Kopo. Ia mengatakan jembatan layang tersebut bakal mengurai lalu lintas di lokasi itu.

"FLYOVER KOPO SABTU INI AKAN DIRESMIKAN. Semoga bermanfaat untuk kelancaran lalu lintas masyarakat di Bandung Raya," kata Ridwan Kamil dalam unggahannya, Kamis (29/9/2022).


Dalam cuplikan video unggahannya, Ridwan Kamil turut mendesain tugu baru untuk patung sepatu Cibaduyut. Desain baru itu muncul di awal video yang ia unggah di akun Instagram pribadinya.

Terlihat, ada 2 sepatu berbentuk sepatu khas pantofel untuk lelaki dan perempuan yang didesain oleh Ridwan Kamil. Kemudian, di atasnya terdapat tulisan 'Cibaduyut' yang dilingkari dalam desain Ridwan Kamil di atas kertas.

"Juga monumen Sepatu Cibaduyut akan dibangun ulang dengan konsep baru. Saya bantu desainnya. Semoga berkenan. Hatur Nuhun," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, keberadaan Tugu Sepatu Cibaduyut, Kota Bandung sempat ramai dikomentari warganet di media sosial. Warga banyak yang memprotes keberadaan ikon di kawasan sentra sepatu tersebut lantaran disebut memiliki desain yang asal-asalan.

Setelah ramai mendapat protes, sepatu 'raksasa' ini kemudian diangkut kembali menggunakan alat berat. Warga banyak yang menolak karena tugu itu dianggap tidak merepresentasikan sentra kawasan sepatu di Cibaduyut, setelah sempat dicopot berbarengan dengan pembangunan Flyover Kopo.

(ral/mso)