Jabar Hari Ini: Kericuhan Warnai Demo Bobotoh di Graha Persib

Jabar Hari Ini: Kericuhan Warnai Demo Bobotoh di Graha Persib

Tim detikJabar - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 22:00 WIB
Demo bobotoh di depan Graha Persib.
Demo Bobotoh di Graha Persib (Foto: Wisma Putra/detikJabar)
Bandung -

Beragam peristiwa terjadi di Jabar hari ini, Rabu (28/9/2022). Dari mulai ricuhnya demo Bobotoh di Graha Persib hingga seorang pria tewas saat menyeberang di Tol Cipali.

Berikut lima peristiwa yang menggemparkan Jabar hari ini pilihan detikJabar:

Demo Bobotoh Ricuh

Demo Bobotoh di depan Kantor PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) atau Graha Persib berujung ricuh. Massa melempar botol mineral dan batu ke arah kantor Persib.


Dar pantauan detikJabar, di Graha Persib di Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (28/9/2022), massa melempar batu dan botol air mineral ke arah kantor Persib. Kericuhan berawal saat massa Bobotoh meneriaki manajemen Persib untuk keluar menemui massa.

Aksi tersebut dilakukan Bobotoh untuk meminta manajemen memudahkan proses distribusi tiket bagi komunitas. Aksi berlangsung sejak Rabu siang pukul 13.00 WIB.

Namun hingga pukul 16.50 WIB, aksi masih berlangsung lantaran massa ingin bertemu langsung dengan perwakilan manajemen Persib. Namun permintaan mereka belum dipenuhi.

Massa yang telah menunggu berjam-jam emosi dan langsung melempari kantor Persib. Botol hingga batu beterbangan. Orang-orang yang ada di balkon kantor Persib pun berhamburan.

Polisi yang berjaga langsung mengerahkan pasukan untuk menghalau massa dan menenangkan situasi. Tidak berselang lama, situasi mulai bisa dikendalikan.

Pantauan detikJabar, massa Bobotoh yang datang dengan melakukan aksi longmarch dari GOR Saparua tiba di depan Graha Persib sekitar pukul 13.15 WIB. Dikawal ketat petugas kepolisian, Bobotoh datang dengan membawa bendera raksasa, syal, poster hingga mobil komando.

Yudi Baduy, perwakilan Bobotoh mengatakan hanya ada satu tuntutan yang diinginkan oleh Bobotoh, yakni mempermudah sistem distribusi tiket laga kandang Persib Bandung bagi komunitas.

"Tuntutannya satu, permudah tiket khususnya untuk komunitas. Seperti yang sudah-sudah jalan, kolektif saja," kata Yudi kepada wartawan.

Yudi mengungkapkan sistem distribusi tiket bagi komunitas yang saat ini berlaku dianggap menyulitkan. Sebab dengan sistem yang ada sekarang, membuat komunitas Bobotoh dari luar kota harus lebih dulu menukar tiket ke lokasi satu per satu.

"Maaf ini bukan soal kuota, tapi ini soal sistem distribusi. Karena memang kemarin kami mendapatkan kendala ketika komunitas ini harus mengambil tiket one on one," ungkapnya.

"Artinya, kalau rombongan kami yang datang satu bus, dua bus, itu harus ambil satu-satu, ngantre. Kebayang kalau dari yang luar kota, bagaimana," ujarnya.

"Itu jadi kendala, apalagi tempat penukarannya dibuka pas hari H. Dari jam 7 sampai jam 2. Gak jelas itu, waktu sudah habis," tegas Yudi.

Oleh sebab itu, dalam aksi hari ini Yudi mewakili ribuan Bobotoh dari berbagai komunitas ingin manajemen Persib memberi kemudahan dalam hal distribusi tiket.

"Jadi tuntutannya hanya satu itu, khusus buat komunitas, sistem distribusinya kolektif. Itu saja," ujar Yudi.

Kebakaran Pasar Ciamis dan Gudang Petasan Indramayu

Gudang rumah produksi petasan di Desa Lobener, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, ludes terbakar, Rabu(28/9/2022). Dalam peristiwa tersebut, seorang pemilik pabrik tewas.

Informasi dihimpun detikJabar, insiden kebakaran rumah produksi petasan itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Kobaran api yang diduga timbul dari percikan bahan petasan menyebar hingga menghanguskan bangunan gudang produksi.

"Benar terjadi sekitar Pukul 13.00 WIB, kami terima laporan pukul 13.30 WIB" kata Kapolsek Jatibarang, Kompol Ujang R.

Guna mencegah kobaran api meluas. Tim pemadam kebakaran sempat menerjunkan 1 unit mobil pemadam ke lokasi kejadian.

Di lokasi, terlihat ada setumpuk selongsong petasan dan sejumlah bahan bubuk petasan. Warga sekitar mencoba memadamkan sisa sisa api yang masih menyala.

Kabarnya, dalam peristiwa tersebut, seorang warga paruh baya yang ada di sekitar pabrik tewas. Diduga akibat tersulut kobaran api.

"Saya susul ke TKP ternyata benar dan disini sudah dalam keadaan sudah habis tempat ini dijadikan home industri petasan. Api disini juga sudah habis disiram damkar," lanjut Kapolsek saat di lokasi kejadian.

Tim Inafis Polres Indramayu yang tiba di lokasi kejadian langsung melakukan olah tempat kejadian perkara. Belum diketahui pasti penyebab kejadian tersebut. Hingga saat ini, petugas terpantau masih mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi.

Ujang Rohimin menjelaskan kebakaran yang terjadi pada siang hari itu menewaskan seorang pemilik pabrik petasan tersebut. Diduga korban berada di sekitar pabrik saat kebakaran terjadi.

"Untuk korban jiwa disini ada yang pemilik disini dimungkinkan karena berada di sekitar TKP ini," kata Kapolsek Jatibarang, Kompol Ujang Rohimin, Rabu (28/9/2022).

Korban diketahui berinisial S (65) merupakan pemilik tempat produksi petasan yang berada di belakang rumah.

"Korban pemilik home industri itu kondisinya hangus 100 persen," lanjut Ujang.

Sementara itu, Pasar Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kebakaran, Rabu (28/9/2022) dini hari. Kebakaran tersebut hanguskan sebanyak 54 Kios di blok B Pasar Banjarsari.

Menurut informasi, pada Selasa (27/9/2022), sekitar pukul 23.15 WIB, ada dua orang yang sedang piket ronda malam di Pasar Banjarsari. Tidak lama kemudian petugas ronda mendengar suara letusan yang diduga dari sebuah lampu di salah satu kios blok B Pasar Banjarsari.

Diduga ledakan itu menimbulkan percikan api dan membakar kios tersebut. Kemudian api terus membesar dan menjalar ke kios lainnya. Melihat hal tersebut petugas ronda langsung melaporkan kejadian tersebut kepada petugas Damkar Banjarsari dan kepolisian.

Petugas Damkar Banjarsari Ciamis Dikri Nur Denatama membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. Setelah mendapat laporan dari warga, pihaknya langsung terjun ke lokasi untuk memadamkan api.

Dalam memadamkan api, petugas damkar menerjunkan 6 unit mobil damkar (Rancah, Kawali, Mako Damkar Ciamis 2, Banjarsari 2) dan 2 mobil BPBD. Setelah menerjunkan 8 unit mobil Damkar, pada pukul 02.20 WIB, api mulai berhasil dipadamkan.

"Tadi api mulai dipadamkan pukul 02.20 WIB. Kemudian dilakukan pendinginan hingga benar-benar padam pukul 04.00 WIB," ungkap Dikri saat dihubungi detikJabar.

Dikri menyebut ada pun kesulitan dalam memadamkan api. Akses jalan yang sempit dan tidak berfungsinya hidran di Pasar Banjarsari.

Dikri mengatakan berdasarkan data sementara, jumlah kios yang hangus sebanyak 54 Kios. Namun belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

"Penyebabnya belum diketahui. Kalau jumlah yang terbakar dari data ada 54 kios. Saat ini lokasi pasar pasang garis polisi," ungkapnya.

Menguatnya Isu Ridwan Kamil Berseragam Golkar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disebut bakal mengumumkan masuk partai politik pada Desember 2022. Kini, mulai menguat isu Ridwan Kamil akan berlabuh ke Partai Golkar.

Kabar menguatnya Ridwan Kamil bakal berseragam Partai Golkar turut diamini sejumlah sumber detikJabar dari kalangan kader internal Partai Golkar. Ada 3 sumber yang detikJabar hubungi, dan semuanya turut menguatkan isu jika Ridwan Kamil akan segera berseragam Partai Golkar.

Namun, ketiga sumber ini tak menjelaskan secara lebih spesifik bagaimana hubungan terkini Ridwan Kamil dengan Partai Golkar. Mereka hanya menyatakan Ridwan Kamil berpeluang besar berseragam Golkar.

Saat dikonfirmasi akan hal ini, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily belum mau berkomentar mengenai isu tersebut. Ia menyarankan wartawan detikJabar supaya mengkonfirmasi isu tersebut langsung kepada Ridwan Kamil.

"Konfirmasinya langsung ke Kang Ridwan Kamil aja ya kang," kata Ace singkat saat dihubungi, Rabu (28/9/2022).

Sementara, dalam agenda Pemprov Jabar, Ridwan Kamil hari ini berada di Depok untuk mengikuti serangkaian acara. Di Depok, Ridwan Kamil bakal menghadiri agenda dari pagi hari hingga pukul 20.00 WIB.

Sebelumnya diberitakan, Ridwan Kamil belum mau memutuskan partai politik mana yang akan ia pilih untuk Pemilu 2024 nanti. Ia mengaku masih perlu beradaptasi sepeninggalan putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

"Itu juga bagian, karena saya masih beradaptasi dari duka," katanya ketika ditanya wartawan mengenai pilihan partai politik jelang Pemilu 2024 saat ditemui di DPRD Jabar, Senin (5/9/2022).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu belum memutuskan akan menggunakan seragam parpol yang mana untuk dia berlabuh. Kang Emil mengaku, jika sudah waktunya, ia akan menyampaikan sendiri partai yang dipilihnya nanti.

"Mungkin nanti juga pasti disampaikan kalau ada waktunya," ujarnya.

Meski belum ada keputusan, terbaru, relawan Ridwan Kamil yang tergabung dalam Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) meyakini mantan Wali Kota Bandung itu akan mengumumkan masuk parpol pada Desember 2022. Bocoran ini didapat relawan usai beberapa kali berdiskusi dengan Ridwan Kamil.

"Kalau mendengar dari pembicaraan terakhir itu, di kisaran bulan Desember katanya. Jadi, di bulan Desember (Ridwan Kamil akan mengumumkan masuk parpol)," kata Sekretaris Jenderal GNIJ Suhara Iskandar kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

Selanjutnya Banjir Terjang Tasik dan Pria Subang Tewas Mengenaskan di Tol Cipali