Awal Mula Buaya Euis 'Sapa' Relawan Saat Seberangi Sungai Cikaso

Kabupaten Sukabumi

Awal Mula Buaya Euis 'Sapa' Relawan Saat Seberangi Sungai Cikaso

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 21:30 WIB
Kemunculan Euis, buaya Sukabumi.
Buaya Euis di Sukabumi (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Perahu yang dinaiki Serka Entang Suhendar melesat di atas permukaan Sungai Cikaso, hari itu Senin (26/9). Serka Entang saat itu bersama relawan dan petugas BPBD tengah membawa sejumlah bantuan untuk korban banjir di Dusun Kadudahung, Kampung Ciloma, Desa/Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

Serka Entang adalah Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Cidahu, Koramil Surade di bawah kendali Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi. Saat melihat bantaran sungai, dari kejauhan dia melihat penampakan buaya besar tengah berjemur di bantaran Sungai Cikaso.

"Saat itu perahu sedang menuju Kedusunan Kadudahung, saya lewat paling jarak penglihatan 10 sampai 15 meter sebelah kiri kelihatan ada buaya itu, sontak saya langsung mengarahkan kamera ponsel ke arah buaya," kata Entang kepada detikJabar, Rabu (28/9/2022).


Entang mengaku puluhan tahun bertugas baru kali ini dia melihat sosok Buaya yang kemudian dikenal dengan nama Euis itu. Informasi yang dia peroleh dari warga Buaya Euis tidak pernah mengganggu masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Cikaso.

"Habitatnya di sungai itu, memang enggak ada warga yang di ganggu, ternak juga enggak ada aman sementara tidak pernah mengganggu. Memang informasi buaya di situ ada empat ya ,ada yang lebih gede dari kemarin katanya tapi saya belum pernah liat katanya yang lebih gede panjangnya 6 meteranlah, kalau yang kemarin sekitar 4 meteran," ujar Entang.

"Katanya namanya Euis, kalau warga sudah biasa lihat, cuma kalau saya lihat dengan mata kepala sendiri baru kemarin. Kalau informasi ke belakang sering kata warga menampakan diri," sambung Entang.

Pasca banjir Sungai Cikaso, Entang adalah salah satu orang pertama yang di lokasi untuk membantu proses evakuasi bergabung bersama petugas P2BK kecamatan dan personel Bhabinkantibmas polsek.

"Setelah proses evakuasi, kita lakukan pendistribusian bantuan. Sejak sehari setelah kejadian sudah menyebar bantuan, ada yang tidak semuanya pakai jalur darat ada yang pakai jalur sungai untuk pendistribusian," kata Entang.

"Saya bergabung bersama muspika, BPBD dan relawan lainnya seperti beberapa waktu lalu salurkan bantuan dari Kodim dari Koramil ke korban terdampak, jadi setiap hari kami bertugas menyalurkan bantuan untuk warga," pungkasnya menambahkan.



Simak Video "Penampakan Pascabanjir Luapan Sungai Cikaso Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(sya/dir)