Siap-siap! WhatsApp Tidak Berfungsi di Ponsel Android Jelly Bean

Kabar Internasional

Siap-siap! WhatsApp Tidak Berfungsi di Ponsel Android Jelly Bean

Tim detikInet - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 10:00 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 03:  A persons finger is posed next to the Whatsapp app logo on an iPhone on August 3, 2016 in London, England.  (Photo by Carl Court/Getty Images)
Ilustrasi (Foto: Carl Court/Getty Images/).
Jakarta -

Pengguna aplikasi perpesanan WhatsApp harus menyimak ini. Mulai bulan Oktober nanti, aplikasi WhatsApp tidak bisa dipakai di beberapa varian Android dan juga iPhone.

WhatsApp secara berkala akan menghentikan dukungan pada perangkat-perangkat yang dianggap telah usang.

Dilansir dari detikInet yang mengutip Hindustan Times, nantinya WhatsApp tidak akan bisa digunakan pada perangkat Android dengan sistem operasi di bawah 4.1 atau Jelly Bean.


Sedangkan untuk iPhone, WhatsApp tidak akan mendukung sistem operasi iOS 10 atau iOS 11. Sementara saat ini, sistem operasi Android 13 dan iOS 16 telah melenggang.

"WhatsApp akan berhenti mendukung iOS 10 dan iOS 11 setelah 24 Oktober 2022," sebut WhatsApp dalam informasi pop up yang diberitahukan pada beberapa pengguna yang terdampak.

Melihat hal itu, nantinya pengguna iPhone 5 dan 5C dipastikan akan terdampak. Model lawas smartphone iPhone itu memang telah dihentikan penjualannya sejak lama, namun penggunanya diyakini masih tetap ada.

Namun untuk pengguna iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6S dimungkinkan masih bisa menggunakan WhatsApp, sebab perangkat itu masih bisa upgrade hingga iOS 12.

Di situsnya, WhatsApp juga memberi informasi mengenai perangkat yang didukung.

"Saat ini, kami mendukung dan merekomendasikan penggunaan perangkat berikut, Telepon Android yang menjalankan OS 4.1 dan yang lebih baru, iPhone yang menjalankan iOS 12 dan yang lebih baru, KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2," tulis WhatsApp.

"Seperti perusahaan teknologi lainnya, setiap tahun kami meninjau perangkat dan perangkat lunak mana yang paling lama dan memiliki jumlah pengguna paling sedikit untuk menentukan dukungan apa yang akan dihentikan. Perangkat ini mungkin juga tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," papar WhatsApp.

Berita ini sudah tayang di detikInet dengan judul iPhone dan HP Android Ini Tak Bisa Pakai WhatsApp Bulan Depan

(bba/mso)