Tuntut Travel Gelap Ditindak, Sopir Elf di Cianjur Mogok Massal

Tuntut Travel Gelap Ditindak, Sopir Elf di Cianjur Mogok Massal

Ikbal Selamet - detikJabar
Selasa, 27 Sep 2022 15:16 WIB
Aksi mogok massal sopir elf di Cianjur
Aksi mogok massal sopir elf di Cianjur (Foto: Ikbal Selamet/detikJabar)
Cianjur -

Puluhan sopir elf di Cianjur melakukan aksi mogok di Terminal Pasirhayam. Mereka protes terkait keberadaan travel gelap yang masih marak dan seolah belum ditindak hingga tuntas. Pasalnya keberadaan travel gelap membuat penumpang elf ke Cianjur selatan sepi.

Mamat (40), sopir elf trayek Cianjur-Sindangbarang, mengatakan aksi mogok dan protes itu dilakukan lantaran hingga saat ini travel gelap masih banyak beroperasi serta mengangkut penumpang menuju Cianjur selatan. Akibatnya elf kehilangan penumpang hingga 70 persen.

"Sebayak 70 persen penumpang habis oleh travel gelap, ingin bersih dari travel gelap. Karena elf tidak kebagian penumpang," kata dia, Selasa (27/9/2022).


Menurutnya para sopir akan terus menggelar aksi mogok dan protes hingga Pemkab Cianjur dan intansi terkait menindak tegas keberadaan travel gelap.

"Kami ingin masalah ini beres. Kami akan mogok terus sampai ada keputusan dan tindakan tegas dari pemerintah. Kami sudah lelah terus-terusan aksi tapi tidak ditindaklanjuti. Karena kan mereka tidak berizin, harusnya ditindak sampai bersih," ungkap dia.

Di sisi lain, Jeni (30), sopir elf trayek Cianjur-Cijati, menuturkan sejak banyaknya travel gelap, pendapatan sopir elf turun drastis. Dalam sehari dirinya hanya mampu mendapatkan uang Rp200 ribu-Rp250 ribu.

Uang itu hanya cukup untuk kebutuhan bensin dan setoran pada pemilik angkutan.

"Sekarang susah, dapat uang itu hanya cukup untuk bensin. Ada lebih juga biasanya untuk setoran ke pemilik angkutan. Jadi seringnya tidak dapat uang untuk kebutuhan sendiri ataupun untuk keluarga," kata dia.

Bahkan Jeni mengaku jika tak mendapatkan uang lebih, dirinya kerap kali harus berpuasa agar bisa mengumpulkan uang untuk dibawa ke rumah. "Kalau ada lebih sedikit, saya kumpulkan untuk keluarga. Biar saya tidak makan, anggap saja sedang puasa," kata dia.

"Saya harap ada langkah dari pemerintah untuk menyelesaikan masalah travel gelap. Sehingga elf bisa beroperasi secara normal dan mendapatkan penumpang. Kami sudah sulit dengan kenaikan BBM, jangan ditambah sulit dengan pembiaran travel gelap," pungkasnya.



Simak Video "Basarnas Kembali Menemukan 4 Korban Meninggal Gempa Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)