Pasha Ungu Dijagokan PAN di Pilkada Majalengka, Gimana Peluangnya?

Pasha Ungu Dijagokan PAN di Pilkada Majalengka, Gimana Peluangnya?

Erick Disy Darmawan - detikJabar
Senin, 26 Sep 2022 18:30 WIB
Baliho yang menampilkan Pasha Ungu dan Denny Cagur di Majalengka.
Baliho yang menampilkan Pasha Ungu dan Denny Cagur di Majalengka (Foto: istimewa/PAN Majalengka)
Majalengka -

Partai Amanat Nasional (PAN) tengah membidik selebritis ibu kota untuk meramaikan kontestasi perpolitikan di Kabupaten Majalengka. Pasha Ungu dan Denny Cagur adalah dua artis yang digadang-gadang akan diusung PAN untuk Pilkada 2024 mendatang.

Kabar Pasha Ungu dan Denny Cagur akan diusung menjadi calon Bupati Majalengka setelah balihonya terpampang di Kabupaten Majalengka. Namun kedua artis tersebut akan dipilih salah satu untuk maju dalam Pilkada.

Diantara kedua artis senior ini, Pasha nampak lebih berpotensi untuk dicalonkan di Kabupaten berjuluk 'Kota Angin' itu. Hal ini ditegaskan Ketua DPD PAN Majalengka Rona Firmansyah.


Menurut Rona, Denny Cagur dimunculkan hanya untuk back-up-an semata, karena ada kemungkinan Denny Cagur akan didorong untuk Pilkada Garut.

"Denny Cagur itu hanya backup. Beliau disiapkan di Garut karena kebetulan istrinya juga orang Garut," kata Rona saat diwawancarai detikJabar, Senin (26/9/2022).

PAN juga tak menampik mendorong mantan Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah menjadi calon Bupati Majalengka 2024 itu, karena popularitasnya. Selain populer, kata Rona, Pasha juga memiliki rekam jejak yang baik dalam mengurus pemerintahan.

"Salah satunya karena milenial di Majalengka masih kuat fansnya, banyak pengemarnya. Saya lihat setiap kafe setiap di Majalengka banyak yang suka dengan lagu-lagu ungu. Saya mencoba testimoni itu untuk melihat Pasha Ungu," jelas dia.

"Terus dalam pemerintahan Pasha tidak kalah lagi, beliau pernah menjabat Wakil Walikota Palu dan sukses. Ketika Palu mendapatkan musibah tsunami. Dengan kepemimpinannya alhamdulillah Palu kembali normal lagi. Kembali indah lagi. Nah itu yang kami pertimbangkan," ujar dia menambahkan.

Rona juga menegaskan jaminan Pasha Ungu serius maju dalam Pilkada Majalengka 2024 tak lain atas restu dari Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan. Pasha mendapat restu untuk dipromosikan dalam Pilkada, dan difokuskan untuk membantu Dessy Ratnasari menjadi Gubernur Jawa Barat.

"Tentunya (restu Ketum). Pilkada dan Pilgub ini linear. Udah jadi rangkaian partai. Karena Ketua (DPW PAN Jabar) kita Dessy Ratnasari akan mencalonkan Gubernur atau Wakil Gubernur. Dan ini juga merupakan sebuah penompangan kekuatan untuk kemenangan Teh Dessy itu sendiri," papar dia.

Keseriusan Pasha maju dalam Pilkada Majalengka tak hanya mendapat dukungan dari internal partai. Rona mengaku salah satu ormas juga sudah menyatakan sikap untuk mendukung vokalis Band Ungu itu.

Pernyataan sikap itu setelah Pasha berkunjung ke Majalengka pada Sabtu (24/9/2022) kemarin. Dalam rangkaian kunjungan itu Pasha bertemu dengan salah satu ormas untuk menggalang kekuatan Pilkada nanti.

"Nah kemarin dengan datangnya Pasha ke Majalengka ada kegiatan politik juga dengan PP (Pemuda Pancasila) untuk penguatan-penguatan, tidak hanya dengan partai saja tapi dengan ormas-ormas juga. Itu kita butuh penguatan-penguatan untuk Pilkada," ucap dia.

Dalam Pilkada nanti, Rona berharap Pasha bisa dicalonkan dengan putra daerah terbaik di Majalengka. PAN yang kini sudah masuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) kian 'pede' untuk menatap Pilkada 2024.

"Kalau sekelas Pasha itu untuk Bupati. Saya harap untuk wakilnya putra daerah yang kompeten. Nanti kita persiapkan (wakilnya). Tapi PAN ini sudah berkoalisi dengan Golkar dan PPP. Tentunya Pilgub dan Pilkada itu akan linear sama koalisinya, saya yakin tidak akan berbeda andaikan Golkar dengan PAN dan PPP, insyaallah di Majalengka pun akan sama," ujar dia.

(yum/yum)