Dede Yusuf Dukung Nama Ciamis jadi Galuh: Supaya Punya Power

Dede Yusuf Dukung Nama Ciamis jadi Galuh: Supaya Punya Power

Dadang Hermansyah - detikJabar
Senin, 26 Sep 2022 02:00 WIB
Dede Yusuf (Ketua Komisi IX DPR - Demokrat)
Dede Yusuf (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
CIamis -

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Jabar Dede Yusuf Macan Effendi mendukung dan pernah mengusulkan nama Kabupaten Ciamis kembali menjadi Galuh.

Hal tersebut ia sampaikan saat menghadiri kegiatan jalan sehat HUT Partai Demokrat ke 21 di Alun-alun Ciamis, Minggu (25/9/2022). Wakil Ketua Komisi X DPR RI pun menyebut keturunan Ciamis dari wilayah Kecamatan Jatinagara.

"Hal paling menarik dari Ciamis saya usulkan supaya namanya diganti kembali jadi Kabupaten Galuh," ujar Dede Yusuf dihadapan warga Tatar Galuh Ciamis.


Menurut Dede Yusuf, kembalinya nama Ciamis jadi Kabupaten Galuh cukup penting. Melihat dari historisnya, Kerjaan Galuh memberikan spirit dan semangat serta kekuatan untuk maju.

"Supaya punya power kembali dan jadi kekuatan warga untuk lebih maju dan lebih baik. Sekarang pak Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pun mendukung agar Ciamis kembali jadi Galuh," kata Dede Yusuf.

Dede Yusuf pun berpesan kepada anggota DPRD terutama dari Partai Demokrat untuk ikut memperjuangkannya. Menurut Dede, ke depan Ciamis jangan hanya jadi kota perlintasan saja namun harus menjadi tempat tujuan. Salah satunya tujuan wisata. Mengingat Ciamis memiliki potensi wisata alam yang melimpah.

"Untuk menjadi tujuan wisata, semua warganya harus seomeah (ramah), murah senyum," ucap Dede Yusuf yang terakhir datang ke Ciamis sekitar tahun 2012 lalu.

Menurut Dede, Ciamis memiliki kenangan tersendiri baginya. Dimana Ciamis adalah kota Cinta bagi Dede Yusuf.

"Di Ciamis ini cinta saya bersemi. Saya tidak tahu masih ada mantan saya gak disini," ungkap Dede sambil disambut sorakan dari masyarakat peserta jalan sehat yang hadir.

Sementara itu, jalan sehat HUT Partai Demokrat ke 21 di Ciamis ini diikuti oleh ribuan warga. Hadiah dari jalan sehat ini antara lain 1 paket umroh, sejumlah sepeda motor, sepeda gunung, barang elektronik dan hadiah menarik lainnya.

Jalan sehat ini dihadiri juga Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Ketua DPC Demokrat Ciamis Anjar Asmara, Anggota DPR RI Didi Irawadi.



Simak Video "Tradisi Sakral Ziarah ke Makam Bupati Galuh Jelang Hari Jadi Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)