Jembatan Penghubung 2 Desa di Sukabumi Terputus Usai Diterjang Banjir

Jembatan Penghubung 2 Desa di Sukabumi Terputus Usai Diterjang Banjir

Siti Fatimah - detikJabar
Minggu, 25 Sep 2022 11:33 WIB
Kondisi jembatan di Sukabumi penghubung 2 desa.
Kondisi jembatan di Sukabumi penghubung 2 desa. (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Bencana alam banjir terjadi di Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi. Jembatan penghubung 2 desa terdampak dan memutus akses jalan.

Berdasarkan informasi yang diterima, bencana banjir tepatnya terjadi di Kampung Caringin, Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi sekitar 00.30 dini hari.

Petugas Pengendali Bencana Kecamatan (P2BK) Gegerbitung Ofieq mengatakan, banjir itu diakibatkan oleh intensitas hujan deras yang tinggi dan menyebabkan Sungai Cimandiri meluap. Kemudian luapan sungai itu menerjang jembatan penghubung dua desa.


"Hujan dengan intensitas deras mengakibatkan banjir di Sungai Cimandiri. Akibatnya jembatan penghubung antar dua desa, yaitu Desa Caringin dan desa Cireunghas rusak," kata Ofieq dalam keterangannya, Minggu (25/9/2022).

Selain itu, tiang penyangga jembatan terbawa arus sungai dan jembatan patah sebagian hingga tak bisa dilewati. "Panjang patahan jembatan kurang lebih 15 meter, dan satu tiang penyangga patah terbawa arus sungai," ujarnya.

Berdasarkan assesment sementara, pondasi jempatan tersebut tergerus air. Menurutnya dibutuhkan beronjong untuk menahan tebing sungai dan menahan penyangga jembatan.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, sawah yang berada di sekitar jembatan terancam gagal.

"Korban jiwa nihil. 20 hektar sawah terancam gagal panen," sambungnya.

Kerugian diperkirakan mencapai Rp 100 juta. Sementara untuk akses kendaraan roda dua ditutup dan tidak dapat melintas.



Simak Video "Penampakan Pascabanjir Luapan Sungai Cikaso Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)