Warung Makan Langganan Pesohor Diterjang Banjir Luapan Sungai Cikaso

Kabupaten Sukabumi

Warung Makan Langganan Pesohor Diterjang Banjir Luapan Sungai Cikaso

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Minggu, 25 Sep 2022 10:49 WIB
Warung makan diterjang banjir luapan Sungai Cikaso Sukabumi
Warung makan diterjang banjir luapan Sungai Cikaso Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikJabar)
Sukabumi -

Mimi (50) mengusap dadanya seraya membersihkan sejumlah peralatan jualannya yang porak-poranda dihantam banjir Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa/Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi sekitar pukul18.30 WIB- 19.00 WIB Jumat (23/9/2022) malam.

Mimi bercerita jika warung miliknya itu langganan sejumlah artis sinetron FTV, Dewi Persik bahkan Ridwan Kamil sebelum menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat pernah singgah di warungnya sebelum menempuh perjalanan ke Curug Cikaso melalui dermaga wisata yang ada di kawasan tersebut.

"Banyak artis suka ke sini, itu foto-foto artis pada nempel di sana (dinding warung), Dewi Persik pernah 2013, Julia Peres juga pernah ke sini, yang paling baru itu artis-artis FTV, pak Ridwan Kamil sebelum jadi gubernur itu ke sini dulu dengan keluarganya," ujar Mimi, Sabtu (24/9/2022).


Sejumlah foto-foto wajah pemeran FTV masih menempel di dinding warung yang dinamai sesuai nama pemiliknya itu. Lantai warung terlihat masih berlumpur saat detikJabar menjejakan kaki di lokasi itu. Begitu juga tanda batas air saat menerjang malam itu masih membekas. Lokasi Warung Mimi hanya sekitar 15 meter dari Sungai Cikaso.

"Ada dua kendaraan bus travel terakhir itu sekitar pukul 16.00 WIB, kondisi hujan kami yang di sini juga sudah memperkirakan Sungai Cikaso bakal meluap.Dikira air enggak akan masuk, waktu itu masih kecil. Eh tiba-tiba jam 17.30 WIB air itu langsung masuk ke dalam warung dan rumah warga terus membesar sampai hanyut semua barang-barang," ujar Mimi.

Di tengah kepanikan itu, tangan Mimi ditarik oleh suaminya. Ia diajak untuk pulang ke rumah yang lokasinya tidak begitu jauh dari warung, namun kondisinya ada di ketinggian. Dari jauh ia melihat air terus meninggi menggenangi warungnya membawa sejumlah peralatan warung.

"Posisi ibu langsung diamankan sama bapak, ini semuanya habis dagangan, ancur, mudah-mudahan ya setelah ini kejadiannya dari atas mungkin harus ada bantuan yang sesuai, semuanya hancur, toilet hancur," katanya.

Satu yang membuat Mimi tak rela, bahan belanjaan yang baru dia beli habis semua terbawa hanyut. Yang membuatnya sesak, barang-barang itu dia dapatkan hasil meminjam.

"Kerugian kurang dari Rp 100 juta, belum hutang ke Bank Emok (simpan pinjam/rentenir). Ya harapan sekarang mudah-mudahan banyak yang tergerak buat membantu, dari atas sana siapapun yang bisa mengulurkan tangan agar saya bisa kembali beraktivitas seperti biasa," pungkas dia.

Sebelumnya diberitakan,Camat Cibitung Anna Rudia Nugraha mengatakan, personel bantuan sudah tiba di lokasi sekitar pukul 20.00 WIB, pihaknya langsung memerintahkan relawan untuk bergerak memberikan bantuan dan mengevakuasi warga yang terdampak.

"Kita sudah antisipasi sejak malam hari, yaitu menurunkan personel koordinasi sejak jam 20.00 WIB, Ada beberapa rumah yang terdampak rusak atau pun hancur,assessmentdata sudah dilakukan dan saat ini sedang pembersihan rumah dan jalan-jalan yang memang banyak lumpurnya," kata Anna.

Anna membeberkan data pihak kecamatan untuk sementara sampai saat ini itu terjadi di 7 Kampung, ada 141 KK, 415 jiwa itu yang terdampak.

"Adapun rumah rusak berat itu ada 22, perahu hilang ada 5 buah. Kemudian kita juga sudah mendirikan posko tanggap darurat sementara kita di SD Simpang Dago, sehingga diharapkan warga-warga yang memang rumahnya rusak berat dan tidak bisa ditempati, mereka mau menempati tempat yang sudah kita persiapkan," ungkapnya.



Simak Video "3 Hari Sudah Desa Mintobasuki Pati Terendam Banjir!"
[Gambas:Video 20detik]
(sya/dir)