Alun-alun Subang Akan Direvitalisasi, Warga: Lebih Penting Perawatannya

Dwiky Maulana Vellayati - detikJabar
Jumat, 23 Sep 2022 02:01 WIB
Alun-alun Subang.
Alun-alun Subang (Foto: Dwiky Maulana Vellayati/detikJabar).
Subang -

Alun-alun Subang akan direvitalisasi agar bisa menjadi lokasi wisata gratis bagi warga. Sumber anggaran untuk revitalisasi alun-alun tersebut berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat.

Rencana revitalisasi itu, dibeberkan oleh Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (DP4D) Subang Hari Rubiyanto. Dia menyebut ada beberapa poin penting terkait kegiatan revitalisasi yang akan dilaksanakan.

Pertama kegiatan revitalisasi Alun-alun Subang menggunakan dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Kedua, ini yang paling penting bahwa revitalisasi tidak mengubah design Tugu Benteng Pancasila, namun lebih dirapihkan, kelestarian tetap dijaga," ujar Hari kepada detikJabar, Kamis (22/9/2022).


Selanjutnya, program revitalisasi Alun-alun Subang ini merupakan program strategis dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. "Ketiga program ini termasuk program strategis Pak Gubernur untuk menyediakan tempat yang representatif bagi masyarakat Subang untuk healing," katanya.

Kemudian poin keempat, penataan meliputi tempat upacara, tempat olahraga, jogging track, tempat UMKM, dan parkir. Selain itu, pembangunan beberapa taman di Alun-alun Subang.

"Terakhir kita sangat berharap dukungan dari seluruh warga Subang, agar Alun-alun Subang dapat menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat," ujarnya.

Revitalisasi Alun-alun Subang ini merupakan yang kedua kalinya. Pada revitalisasi tahap pertama dilakukan di era Bupati sebelumnya yakni Imas Aryumningsih.

Namun pada tahap kedua ini, Hari belum memastikan progres pembangunan dimulai. Rencananya, Alun-alun Subang akan dibuatkan konsep seperti halnya Gasibu.

"Kalau anggaran saya belum dapat, karena kan masih di provinsi dan belum ditetapkan. (Tapi revitalisasi ini) Konsepnya kurang lebih seperti Gasibu," ungkapnya.

Sementara itu, masyarakat Subang menyambut positif rencana revitalisasi Alun-alun Subang. Seperti yang diungkapakan Deni Nugraha (29), warga Pasirkareumbi.

Menurutnya Alun-alun Subang sebagai wajah Kabupaten Subang sudah semestinya direvitalisasi. Sebab penataannya sudah tidak memadai, terlebih jika akhir pekan, semrawutnya sudah keterlaluan.

"Sebetulnya yang lebih penting adalah perawatannya, jangan sampai setelah direvitalisasi malah tidak dirawat," kata Deni.

Selain itu, penataan pedagang kaki lima juga perlu diperhatikan. Jangan sampai para pedagang tidak ditata sehingga membuat suasana di kawasan Alun-alun menjadi semrawut.

"Itu berarti kan harus ditata dengan serius, penempatan selfie misal di mana, pedagang atau UMKM di mana, biar rapih lah gitu," kata dia.

Senada dengan Deni, warga lain Ilham (33), juga mendukung dengan upaya atau rencana revitalisasi Alun-alun Subang. Dia berharap, alun-alun yang memiliki bangunan tugu ikonik seperti tugu Benteng Pancasila juga dapat dikelola dengan baik.

"Selama ini kan kehadiran tugu benteng Pancasila itu seperti biasa saja, nah mudah-mudahan saja dengan direvitalisasi menjadi tidak biasa-biasa, minimal memiliki daya tarik bagi anak muda, atau kebanggaan," ujarnya.

(mso/mso)