Viral Warga Bandung Tangkap Babi Hutan di Pekarangan Rumah

Viral Warga Bandung Tangkap Babi Hutan di Pekarangan Rumah

Yuga Hassani - detikJabar
Jumat, 16 Sep 2022 23:30 WIB
Babi hutan berkeliaran di pemukiman warga di Bandung.
Babi hutan berkeliaran di pemukiman warga di Bandung. (Foto: Istimewa)
Bandung -

Viral di sosial media, seekor babi hutan berlarian di pemukiman warga Kampung Ciguriang Girang, Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Babi tersebut berhasil ditangkap oleh warga.

Dilihat detikJabar dari akun Instagram @infotidayeuhkolot, Jumat (16/9/2022), babi hutan berlarian di halaman rumah warga dan beberapa warga mencoba menangkapnya.

Terlihat babi tersebut berlari dengan lincah. Bahkan di akhir video pun warga terlihat kesulitan menangkap babi hutan tersebut.


Kapolsek Dayeuhkolot Kompol Tedi Rusman mengatakan, babi hutan tersebut merupakan salah satu peliharaan warga yang lepas dari kandang.

"Iyah itu babi peliharaan warga untuk melatih anjing," ujar Tedi, saat dihubungi detikJabar, Jumat (16/9/2022).

Tedi mengatakan, babi tersebut biasanya selalu berada di kandang tapi terlepas karena beberapa faktor. "Iyah lepas ke luar, kan biasanya dikandangin. Jadi lepas dari kandang, ya pasti lari kemana-mana kan kalau binatang lepas mah. Sudah diamankan babinya," ucapnya.

Tedi pun menepis isu bahwa babi tersebut merupakan babi ngepet. "Saya juga mengkhawatirkan itu, saya juga langsung cari tahu. Itu bukan babi ngepet, jadi peliharaan punya warga lah. Memang takutnya isu yang beredar di masyarakat ya itu babi ngepet lah, segala macam lah. Tapi sudah diamankan di rumahnya, gak ada masalah," tegasnya.

Saat ini pihak kepolisian memberikan imbauan kepada warga karena isu babi ngepet yang beredar. "Iyah, kita khawatirnya kan itu isunya berkembang babi ngepet. Kita udah mulai sosialisasikan bahwa itu bukan babi ngepet. Tapi peliharaan warga," pungkasnya.

(iqk/iqk)