Masuk Musim Penghujan, 11 Kecamatan di Bandung Barat Rawan Bencana

Masuk Musim Penghujan, 11 Kecamatan di Bandung Barat Rawan Bencana

Whisnu Pradana - detikJabar
Kamis, 15 Sep 2022 18:30 WIB
Sungai Ciwalung Sukabumi meluap. Akibatnya rumah warga terendam.
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Bandung Barat -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta masyarakat di 11 kecamatan siaga potensi bencana hidrometeorologi.

Apalagi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah menginstruksikan relawan BPBD untuk siaga lantaran sejumlah wilayah di Jabar mulai dikepung bencana seperti banjir, angin puting beliung, hingga tanah longsor.

Adapun 11 kecamatan tersebut yakni Rongga, Gununghalu, Cipongkor, Sindangkerta, Cililin, Cipatat Saguling, Cisarua, Parongpong, Lembang, dan Ngamprah.


Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo mengatakan 11 kecamatan tersebut memiliki lereng yang cukup terjal, terutama untuk wilayah yang tingkat kemiringannya lebih dari 30 derajat.

"Masyarakat perlu siaga darurat bencana hidrometeorologi karena sudah memasuki musim hujan. Catatan kita setiap tahun 11 kecamatan jadi langganan bencana banjir dan longsor," kata Duddy saat dihubungi detikjabar, Kamis (15/9/2022).

Namun saat ini pihaknya belum menerapkan status siaga darurat bencana hidrometeorologi sebab masih menunggu keputusan tertulis dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Saya sudah komunikasi dengan teman-teman di daerah lain, kita menunggu SK dari Jabar. Tapi intinya kita akan mengikuti soal siaga darurat bencana alam," ujar Duddy.

Berdasarkan data yang dirangkum detikJabar dari lama opendata.jabarprov.go.id sepanjang 2021 ada 53 bencana longsor, 10 kejadian banjir, dan 13 kejadian angin puting beliung.

"Di 2022 sudah ada beberapa kejadian, tapi beruntung tidak ada korban jiwa. Warga juga tidak ada yang sampai mengungsi, tapi kalau terjadi hujan memang dia pergi ke tempat yang lebih aman dulu," tutur Duddy.

Duddy mengatakan dengan potensi bencana tersebut pihaknya sudah menyiagakan personel dan logistik yang dibutuhkan masyarakat.

"Kami dari BPBD sudah siap dari segi personel dan logistik jika sewaktu-waktu perlu mobilisasi," kata Duddy.



Simak Video "500 Gempa dalam Sebulan, Jokowi Sebut RI Negara Rawan Bencana di GPDRR"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)