Bandung Zoo Periksa Bangkai Macan yang Serang Warga Sumedang

Bandung Zoo Periksa Bangkai Macan yang Serang Warga Sumedang

Bima Bagaskara - detikJabar
Senin, 12 Sep 2022 15:02 WIB
Ilustrasi Macan Kumbang.
Ilustrasi macan kumbang. (Foto: Istimewa)
Bandung -

Bangkai macan kumbang atau macan tutul Jawa yang menyerang tiga warga Sumedang menjalani nekropsi atau tindakan investigasi untuk mengetahui penyebab kematian hewan buat tersebut. Proses nekropsi dilakukan di Bandung Zoo Garden alias Kebun Binatang Bandung pada hari ini, Senin (12/9/2022).

"Iya ada di Bandung Zoo. Dinekropsi untuk mencari tahu apa penyebabnya. Lagi (berlangsung) hari ini ," kata Marcomm Bandung Zoo Sulhan Syafii saat dihubungi detikJabar.

Pria yang akrab disapa Aan ini menjelaskan, proses nekropsi dilakukan berdasarkan permintaan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.


Aan mengaku Bandung Zoo hanya diminta melakukan proses nekropsi. Selebihnya, ada di kewenangan BBKSDA Jabar.

"Kalau hasilnya nanti BBKSDA, yang minta ke kita Rabu malam masuknya, nah dinekropsi tadi pagi jam 9," ujarnya.

Dalam proses nekropsi itu, Bandung Zoo menurunkan dua tim dokter dan satu tim paramedis. Mereka membedah bangkai macan kumbang berjenis kelamin betina itu.

"Ada dua tim dokter kami yang turun dan tim paramedis didampingi orang BKSDA. Nanti yang menjelaskan hasilnya BKSDA bukan kewenangan kami," jelasnya.

Setelah di nekropsi, menurutnya bangkai macan kumbang itu akan segera dikuburkan. "Bangkainya nanti paling dikubur atau dibakar yah," tandasnya.

(bba/orb)