7 Makanan Pembersih Pembuluh Darah Secara Alami

7 Makanan Pembersih Pembuluh Darah Secara Alami

Tim detikHealth - detikJabar
Kamis, 08 Sep 2022 15:30 WIB
Daun rempah yang bisa membuat makanan lebih enak dan sehat
Ilustrasi (Foto: Getty Images)
Bandung -

Asupan makanan sangat penting bagi tubuh kita. Bahkan, beberapa memiliki khasiat sebagai pembersih pembuluh darah secara alami.

Pembuluh darah merupakan bagian penting pada sistem sirkulasi peredaran darah di tubuh manusia. Selain mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh, ketika ada gangguan pada pembuluh darah maka akan timbul masalah kesehatan.

Dikutip dari detikHealth, darah merupakan cairan tubuh yang paling penting bagi semua makhluk hidup. Tanpanya, makhluk hidup, terutama manusia akan terlihat pucat layaknya "zombie". Jika aliran darah terasa tidak lancar, itu berarti banyak plak yang menghinggap di arteri dan vena (pembuluh darah).


Lambat laun hal tersebut tidak hanya menimbulkan masalah jantung, tetapi hati dan ginjal ikut merasakan dampaknya. Itulah mengapa setiap orang harus berinvestasi dengan mengubah pola makan yang seimbang dan bergizi.

Salah satunya dengan sering mengonsumsi makanan yang memiliki khasiat pembersih pembuluh darah secara alami, seperti berikut ini:

1. Bawang Putih

Salah satu jenis umbi-umbian satu ini memang tidak diragukan lagi khasiatnya. Kandungan allicin yang ditemukan dalam bawang putih dapat mendetoksifikasi darah dengan melindungi hati dari zat beracun.

Selain itu, sifatnya yang antimikroba membantu membersihkan darah dan usus agar terbebas dari bakteri, parasit, dan virus. Tidak perlu menahan rasa pedas dengan memakannya secara mentah. Dengan bantuan roti panggang ataupun salad sayur, setiap orang bisa merasakan khasiatnya.

2. Daun Ketumbar

Daun Ketumbar berfungsi membuang merkuri dan logam berat lainnya dari aliran darah melalui makanan yang keluar atau udara yang kamu hirup. Dikutip dari Netmeds, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau ini mengandung senyawa belerang yang bisa mendetoksifikasi darah dan mengurangi peradangan.

3. Kunyit

Siapa yang tidak mengenal bumbu dapur yang berwarna kuning ini? Kandungan kurkuma di dalamnya merupakan senyawa antioksidan alami yang dapat mengurangi kadar racun dalam darah sehingga jantung bisa memberikan performa terbaiknya dalam memompa cairan tubuh tersebut.

4. Brokoli

Sayuran hijau berikut ini mengandung banyak zat yang diperlukan tubuh, seperti vitamin C, kalsium, fosfor, mangan (enzim antioksidan), dan potasium. Kandungan ini sangat baik diperoleh tubuh untuk membuang racun yang tidak diinginkan darah dan jaringannya.

5. Ikan

Ikan memiliki banyak kandungan omega 3 yang telah terbukti menurunkan kadar trigliserida (lemak) darah dan hipertensi. Hal tersebut berdampak baik karena membantu kinerja hati dan ginjal menjadi lebih mudah. Walaupun begitu, mengonsumsi terlalu banyak ikan akan membuat ginjal bekerja keras supaya memecah protein di dalamnya.

6. Kopi

Studi pada 2014, menunjukkan bahwa minum kopi menurunkan risiko sirosis pada penyakit hati kronis dan mengurangi gejala kanker hati. Ia bersifat antivirus dan mencegah akumulasi lemak serta kolagen di hati sehingga baik dikonsumsi bagi pengidap hepatitis C.

7. Air Mineral

Hidrasi yang baik adalah kunci bagi kesehatan organ tubuh. Air membantu menyeimbangkan pH darah dan menambah oksigen ke dalam otak. Minum air yang cukup membantu ginjal menyaring limbah dari darah sehingga meminimalisir penumpukan plak di arteri.

Artikel ini telah tayang di detikHealth dengan judul 7 Makanan untuk Membersihkan Pembuluh Darah, Cegah Sakit Jantung-Ginjal. Baca selengkapnya di sini.

(sya/iqk)