Curhat Bupati Ciamis Tak Bisa Lagi Rekrut Atlet Jadi ASN

Curhat Bupati Ciamis Tak Bisa Lagi Rekrut Atlet Jadi ASN

Dadang Hermansyah - detikJabar
Jumat, 02 Sep 2022 03:01 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat membuka kejuaraan voli.
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat membuka kejuaraan voli di GGT Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar)
Ciamis -

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya curhat soal perekrutan atlet berprestasi untuk diangkat ASN. Sebab berbeda dengan dulu, pemerintah daerah kini tidak diberikan kewenangan merekrut ASN dari atlet berprestasi.

"Kalau dulu atlet yang punya prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional dapat dengan mudah diangkat jadi PNS sebagai bentuk penghargaan," ujar Herdiat saat membuka kejuaraan bola voli antar daerah wilayah III Jabar dalam rangka Hari Perhubungan Nasional di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis, Kamis (1/8/2022).

Herdiat mengatakan saat ini pemerintah daerah sudah tidak bisa lagi memberikan penghargaan tersebut. Mengingat kewenangan perekrutan ASN hanya di tingkat kementerian.


Selain bentuk penghargaan kepada atlet, ASN dari atlet berprestasi pun mampu mengharumkan nama daerah. Padahal banyak kegiatan olahraga yang melibatkan pemerintah daerah, misalnya Porpemda. Dengan mengangkat atlet sebagai ASN, maka pembinaan olahraga pun dapat ditingkatkan.

"Pemkab Ciamis terus berupaya berkomitmen melakukan pembinaan terhadap atlet, melakukan latihan supaya berprestasi dengan baik," jelasnya.

Sementara itu, Kejuaraan Bola Voli Harhubnas 2022 ini diikuti oleh 6 daerah Dinas Perhubungan. Yakni Kabupaten Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Kota Tasikmalaya dan Banjar.

Herdiat pun mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perhubungan Jabar yang telah menunjuk Ciamis sebagai tuan rumah kejuaraan bola voli ini. Dalam momen ini, Herdiat mengajak kepada semua pegawai Dinas Perhubungan untuk lebih berkarya dan meningkatkan kinerja.

"Menyatukan persepsi dan tekad dalam pelayanan kepada masyarakat di sektor transportasi. Sekaligus maju dan berprestasi dalam bidang olahraga," ungkapnya.

(orb/orb)